Pengumpulan Mahasiswa Angkatan 2023 oleh Kemendiklat BEM Kema FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (24/11) – Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (Fpsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyampaikan persiapan inaugurasi dalam pengumpulan angkatan 2023 pada Rabu (22/11) lalu. 

Hayatul Mutmainnah Ardin selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) menyampaikan bahwa tujuan pengumpulan angkatan 2023 kali ini yaitu untuk menyampaikan mengenai apa itu inaugurasi dan apa yang akan dilakukan kelak. 

“Tadi itu tujuannya supaya mereka (baca: angkatan 2023) bisa lebih prepare, karena takutnya kalau langsung disampaikan mereka kan tidak tahu apa itu inagurasi. Jadi disampaikan mengenai apa itu inaugurasi, dan apa sih yang nantinya mereka bikin,” jelasnya.  

Mahasiswa yang akrab disapa Innah ini menjelaskan bahwa Kemendiklat menyampaikan agar angkatan 2023 sudah mulai merampungkan kepanitiaan inaugurasi. 

“Kami (baca: Kemendiklat) menyampaikan untuk mulai melakukan perampungan kepanitiaan, jadi mereka bisa berdiskusi siapa dari teman mereka yang bisa jadi ketua panitia dan sebagainya karena mereka yang paling tahu temannya, kita hanya bisa mengawal perjalanannya dan tidak bisa kita tekankan siapa yang bisa jadi ketua panitia dan lain sebagainya, itu dari dinamika angkatan mereka sendiri,” tuturnya. 

Innah lanjut menjelaskan bahwa angkatan 2023 juga diminta untuk mulai mempersiapkan konsep inaugurasi yang akan dilaksanakan dan diarahkan untuk melakukan komunikasi dengan angkatan sebelumnya yang telah melaksanakan inaugurasi. 

“Mereka juga diarahkan untuk bertukar komunikasi dengan kakak-kakak sebelumnya yang pernah melaksanakan inaugurasi supaya mereka bisa tahu gambaran seperti apakah yang penting untuk dilaksanakan,” jelasnya. 

Lanjut, Innah menyampaikan bahwa nantinya akan diadakan pengumpulan angkatan 2023 berikutnya dan akan disampaikan mengenai Steering Committe kegiatan inaugurasi jika Surat Keputusan (SK) telah ditetapkan. 

“Akan ada pengumpulan selanjutnya, dan kita akan sampaikan siapa yang akan menjadi Steering Committee-nya kalau SK nya sudah ditetapkan,” sampainya. 

Innah kemudian menjelaskan bahwa tidak terdapat keputusan apapun pada pengumpulan angkatan 2023 kali ini. Namun Kemendiklat menyampaikan agar angkatan 2023 mulai mempersiapkan diri dalam menyambut pelaksanaan pengukuhan sesuai penentuan pada Rapat Kerja (Raker) yaitu pada (20/01) mendatang. 

“Jadi kami dari Kemendiklat tadi cuma menyampaikan untuk teman-teman (baca: angkatan 2023) mempersiapkan diri dalam menyambut pelaksanaan inaugurasi karena menghitung hari sesuai tanggal yang ditetapkan di Raker itu akan dilaksanakan 20 Januari mendatang, jadi segera mungkin bisa merampungkan kepanitiaannya dan mendiskusikan terkait bagaimana konsep inaugurasi yang bisa mereka laksanakan,” jelasnya.  

Namun, Innah khawatir angkatan 2023 tidak memerhatikan persiapan inaugurasi karena telah memasuki minggu Ujian Akhir Semester. Selain itu, ditakutkan adanya kendala karena proses inaugurasi berlangsung selama libur. 

“Kekhawatiran yah tentu saja khawatir karena mungkin mereka (baca: angkatan 2023) akan fokus ke ujian karena sebentar lagi kita akan laksanakan ujian akhir, apalagi ini pertama kalinya mereka melaksanakan ujian akhir semester, pasti banyak ketakutan-ketakutan seperti itu. Kami juga was-was ji karena nanti prosesnya akan berlangsung selama libur dan mungkin nanti akan ada pertanyaan-pertanyaan terkait ini (baca: inaugurasi)," ujarnya. 

Terakhir, Innah berharap agar kepanitiaan inaugurasi segera rampung dan pelaksanaan inaugurasi berjalan maksimal sesuai dengan tujuan, landasan, serta tolak ukur yang ingin dicapai pada saat Raker.

“Harapanku tentu saja hal ini bisa segera rampung dan pelaksanaannya bisa dilakukan semaksimal mungkin sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sesuai dengan tujuan dan landasan serta tolak ukurnya bisa tercapai sesuai dengan apa yang telah dirakerkan sebelumnya,” tutupnya. (ZK)

Posting Komentar