Pamflet D-Day SPACE Vol. II oleh BKM Psysport Kema FPsi UNM.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Selasa (21/11) - Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Psysport Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pembukaan SportPsychology and Competition Era (SPACE) Vol. II pada Minggu (19/11) lalu.

Ahmad Zafran Ishar selaku Ketua Panitia (Ketupat) dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan SPACE Vol. II mengusung tema "Mentally Growths and Body Creativity Exercises".

“Dengan Mengangkat tema yakni Mentally Growths and Body Creativity Exercises,” sampainya.

Ahmad Zafran Ishar atau yang akrab disapa Zafran berharap bahwa kegiatan SPACE Vol. II dapat menjadi wadah dalam meningkatkan wawasan peserta tentang kesehatan mental dan kaitannya dengan olahraga.

“Kami selaku panitia berharap untuk meningkatkan kegiatan ini (baca: SPACE Vol. II) untuk terus berkembang baik dalam segi keolahragaan maupun keilmuan dan juga kami berharap dengan adanya kegiatan ini kami dapat meningkatkan wawasan terkait kesehatan mental dan juga kaitannya dengan olahraga,” harapnya.

Lanjut, Zafran juga menyebutkan bahwa lomba SPACE ini memiliki dua cabang lomba, yakni lomba esai dengan lima peserta dan lomba poster dengan 16 peserta. 

“Acara ini memiliki dua cabang lomba yakni lomba esai dan juga lomba poster dengan jumlah peserta lomba esai sebanyak lima peserta dan juga lomba poster sebanyak 16 peserta,” sebutnya.

Selain itu, Muzakkir Mujahiddin selaku Ketua Umum (Ketum) BKM Psysport menjelaskan bahwa SPACE Vol. II merupakan Pogram Kerja (Proker) perubahan dari Psysport, karena program kerja ini tidak hanya berfokus pada bidang keolahragaan namun juga pada bidang psikologi olahraga.

“Proker ini (baca: SPACE Vol. II) memang salah satu proker yang bisa dianggap program perubahan di mana kami betul-betul berorientasi pada di mana tempatnya kita berada di Fakultas Psikologi dan fokusnya Psysport adalah keolahragaan jadi kami berfokus pada bagaimana pengembangan keilmuan dari sisi Psikologi Olahraga,” jelasnya.

Andika Aldillah Syuraih selaku Presiden BEM Kema FPsi UNM juga berharap agar peserta dapat mempertahankan semangatnya dan tidak berkecil hati jika mengalami kekalahan.

“Semoga para peserta terus dapat mempertahankan semangatnya dan yang tidak mendapatkan juara jangan berkecil hati,” harapnya.

Terakhir, Akbar Hidayat Syarif selaku Ketum Maperwa Kema FPsi UNM berharap bahwa peserta dapat menuangkan ide-ide agar Psikologi Olahraga dapat berkembang sekaligus dapat diperkenalkan dan diterapkan di Indonesia.

“Saya berharap di SPACE ini teman-teman peserta dapat menuangkan pikirannya terkait bagaimana Psikologi Olahraga dapat berkembang di Indonesia, bagaimana Psikologi Olahraga dapat diterapkan di Indonesia. Saya harap melalui tulisan-tulisan tersebut dapat membumikan (baca: mengenalkan) Psikologi Olahraga di Indonesia,” tutupnya. (025)

Posting Komentar