Penutupan Kegiatan PLT 2023 di Pucak Teaching Farm Maros pada Minggu (05/11).
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Rabu (08/11) - Alfian Irfayadi dan Syakirah Athaya Azalea mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) terpilih sebagai peserta terbaik dalam acara puncak kegiatan Psycology Leadership Training (PLT) 2023 dengan tema "Sharpening the Leadership Sword: Skill, Knowledge, and Ethics" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM yang berlangsung di Pucak Teaching Farm, Maros pada Minggu (05/11).

Kedua peserta tersebut mengungkapkan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan PLT 2023 ini. Alfian Irfayadi, selaku peserta terbaik putra mengungkapkan bahwa awalnya dirinya tidak menyangka akan menjadi peserta terbaik, namun dirinya percaya bahwa panitia memiliki penialian tersendiri untuk menentukan peserta terbaik. 

"Saya tidak expect (baca: berharap) bisa menjadi peserta terbaik dalam kegiatan PLT ini, tapi ada penilaian tersendiri dari panitia," ungkap mahasiswa yang akrab disapa Alfian ini.

Sejalan dengan itu, Syakirah Athaya Azalea selaku peserta terbaik putri mengatakan bahwa menjadi peserta terbaik tentu menjadi tanggung jawab tersendiri bagi dirinya, ia juga mengutarakan bahwa teman-temannya mungkin memiliki ekspetasi tersendiri pada dirinya setelah terpilih sebagai peserta terbaik.

"Tanggung jawab pasti ada, apalagi saya mungkin dijatuhkan ekspetasi tersendiri dari teman-teman, saya mungkin dianggap punya kompetensi tersendiri yang sesuai sebagai peserta terbaik," ungkap mahasiswi yang akrab disapa Kire tersebut.

Lanjut, Alfian juga mengatakan bahwa lewat kegiatan PLT ini dirinya jadi lebih mengetahui sisi positif maupun sisi negatif yang ia miliki.

"Di sini saya jadi tahu sisi positif dari saya, dan saya juga tahu sisi negatif dari saya, dan karena itu, menjadi tugas saya untuk menutupi sisi negatif dan mengembangkan sisi positif saya," katanya. 

Kire juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa pelaksanaan PLT berjalan dengan baik dan menikmati kegiatan tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa panitia juga bagus dan ramah kepada peserta. 

"Kesan saya selama PLT, saya rasa semuanya berjalan dengan baik, enjoy sebagai peserta, terlebih lagi pada hari terakhir ini saat outbound (baca: kegiatan di luar ruangan), panitia juga keren-keren dan sangat ramah pada kita semua, semoga teman-teman merasa hal yang sama," ungkapnya.

Terakhir, Kire berharap agar pelaksanaan PLT khususnya pada agenda outbound ke depannya dapat mengusung cakupan materi yang lebih luas lagi.

"Sedikit saran buat panitia, terkait outbound, saya berharap ke depannya cakupan materinya lebih diperluas lagi tidak hanya soal pengambilan keputusan dan regulasi emosi," tutupnya. (PHS)

Posting Komentar