Kegiatan Kelas Menulis yang Diselenggarakan pada Sabtu (17/10) 
Sumber: Doc. GenBi SulSel

Generasi Baru Indonesia (GenBI) komisariat Universitas Negeri Makassar (UNM) buka ruang pelatihan menulis. Kegiatan ini diadakan secara daring pada Sabtu (17/10).

Pelatihan menulis ini merupakan wadah literasi untuk GenBI Komisariat UNM. Tema yang diangakat yakni "Essay ekonomi untuk media massa".

Ketua wilayah GenBI Sulawesi Selatan (Sulsel), Yusdin mengatakan seminar kali ini adalah wadah untuk mendukung peran dan fungsi mahasiswa sebagai agent of change, front linear, dan future leader. Pemateri yang dihadirkan dari alumni GenBI yakni Muhammad Alimka.


Acara berlangsung dengan antusias dengan peserta yang interaktif karena banyak  yang berminat menjadi penulis. Antusias ditandai dengan peserta yang semangat bertanya terkait bagaimana teknik penulisan yang baik, cara pengontrolan latar belakang pada saat menulis, dan banyak pertanyaan mengenai bagaimana menulis essay yang baik.

Alimka berpesan kepada para peserta untuk mengenali diri sendiri, tulisan apa yang cocok untuk diri sendiri agar tidak adanya rasa tekanan yang terjadi ketika menulis.

“Siapa kita, apa yang nyaman didirita, apa bidangta, maka itu yang cocok untuk kita tulis,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan menulis di media massa harus mengenali media massa yang dituju. Jika menulis tentang kejelekan media massa tersebut kemudian dikirim ke media massa terkait, jelas tidak akan di muat ataupun diterima.

"Jadi kita harus menulis tentang media massanya, baiknya, dan lain sebagainya, karena media massa pasti menerima hal yang menguntungkan baginya,” tambah Alimka.

Alumni GenBI ini kembali menyarankan, agar supaya tulisan mudah dimuat, tulis tentang isu hangat sekarang dan beberapa cantoh topik lainnya.

Pemateri ini menuturkan tidak ada penulis yang tulisannya langsung bagus. Profesor sekalipun akan membaca ulang dan merevisi bagaimana tulisannya, terlebih penulis yang masih awam.

"Kita harus meminta sikap terhadap orang-orang tentang bagaimana tulisan yang kita buat agar tulisan kita bukan hanya kita yang paham atau hanya kita yang nikmati,” tambahnya.

Ketua panitia, Akhsan berharap seminar kali ini menjadi wadah para GenBI UNM untuk menulis dan menuangkan aspirasinya melalui tulisan serta opini mereka.

“Saya harap teman-teman GenBI Komisariat UNM yang punya minat di literasi kepenulisan memiliki wadah untuk berkreasi, sehingga setalah masa kepengurusan di GenBI selesai ada soft skill tambahan yang bisa dimiliki oleh teman-teman GenBI,” harapnya.

Posting Komentar