Pamflet kegiatan webinar Psyouth
Sumber: Dok. BEM FPsi UNM

Psikogenesis, Sabtu (10/10)-Kementerian Pengembangan dan Potensi (Kemenpensi) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menggelar kegitan Psychology Youth (Psyouth) guna memperingati hari kesehatan mental internasional yang akan digelar pada Sabtu (10-31/10).

Sebelumnya, program kerja ini diberi nama Psychofest. Nama tersebut kemudian diganti karena banyak yang merasa keberatan dengan penggunaan nama Psychofest yang merupakan nama festival andalan dari salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. 

Psyouth pun akhirnya dipilih menjadi nama yang tepat untuk kegiatan yang akan dilakukan. Muh. Asran Azhari selaku Menteri Pengembangan dan Potensi (Menpensi) menjelaskan bahwa nama Psyouth adalah singkatan dari Psychology Youth.

"Artinya festival psikologi untuk anak muda karena peserta dan incaranya kami itu anak muda, khususnya mahasiswa, walaupun kami tidak membatasi jikalau ada anak-anak ataupun orang tua yang ingin menikmati festivalnya," jelasnya.

Lebih lanjut, Menpensi mengungkapkan tujuan dari Psyouth ini adalah sebagai bentuk kampanye dan memperingati hari kesehatan mental internasional, wadah dalam pengembangan minat dan bakat bagi mahasiswa Psikologi.

"Sebagai Sebagai wadah untuk mengembangkan dan menunjukkan minat, bakat, dan kreativitas," terangnya.

Asran, sapaan akrabnya menuturkan bahwa Psyouth digelar dalam skala nasional dan dikonsepkan secara daring dengan pertimbangan saat ini sedang terjadi pandemi sehingga konsep awal harus dirancang kembali.

"Nasional, karena mengingat online ji," tuturnya.

Begitupun dengan sistem pelaksanaan Psyouth, mahasiswa angkatan 2017 ini menjabarkan bahwa kegiatan ini awalnya dirancang dalam bentuk kepanitian, namun karena berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, sistemnya kemudian diubah menjadi volunteer.

"Dari Pensi (baca: Kemenpensi) pikir kalau susah ki dikontrol panitia kalau online. Berkaca pada kepanitaan sebelumnya BEM (baca: REAL), jadi kita pakai pengurus BEM saja yang kerja dan ditambah volunteer," paparnya

Psyouth sendiri akan dimulai dengan agenda pembukaan yang dirangkaikan dengan kegiatan webinar serta pengumuman lomba yang akan digelar. Kemudian, pada Minggu (11/10), Asran menambahkan akan kembali menggelar webinar dengan tema berbeda. 

"Jadi pembukaan Psyouth ini nanti dibuka dengan webinar dan pengumuman perlombaan. Nanti tidak ada ji penutupan secara resmi," ujarnya ketika dihubungi melalui WhatsApp.

Adapun lomba yang akan digelar sebagai wadah pengembangan bakat dan minat mahasiswa ini adalah essay, fotografi, dan poster dengan batas pengumpulan karya pada Sabtu (24/10). Sementara itu, pengumuman hasil lomba sekaligus penutupan akan digelar pada Sabtu (31/10). 

"31 ditutup, karena pada tanggal itu pengumuman lomba juga diadakan. Tapi perlombaannya nanti untuk mahasiswa ji," pungkasnya.

Lebih jauh, Asran berharap agar kegiatan ini mampu menjadi wadah dalam membangun sinergitas antar Fakultas Psikologi di seluruh Indonesia.

"Dan dapat membuat nama Psikologi UNM lebih dikenal oleh kampus lain di Indonesia," harapnya. (UNCH)

Posting Komentar