Pamflet Kegiatan IST 
Sumber: Dok. Panitia IST

Psikogenesis, Selasa (20/10)-Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan gelar Islamic Studies Training (IST) yang akan berlangsung melalui Zoom Cloud Meeting pada Jumat-Minggu (23-25/10) mendatang. 

Izzul Haq Ramli selaku Ketua Panitia IST 2020 mengungkapkan bahwa kegiatan IST ini merupakan agenda tahunan sebagai gerbang utama untuk menjadi anggota dan pengurus FSI.

“IST merupakan gerbang masuknya teman-teman mahasiswa psikologi UNM khususnya muslim untuk menjadi anggota maupun pengurus di FSI,” terangnya.

Izzul menerangkan bahwa kegiatan IST merupakan sebuah wadah dalam menambah wawasan dan memperkuat ajaran Islam.

“Mengetahui lebih luas cakupan mengenai agama Islam dan juga bagi yang ingin memperkuat ajaran agama Islamnya,” terangnya.

Adapun tema yang diangkat pada IST tahun ini adalah “Kita Taat, Kita Erat” yang sejalan dengan tujuan IST yakni mencetak generasi yang paham agama dan menjalin kekerabatan sesama muslim.

“Sejalan dengan tujuan IST mencetak kader yang paham akan dasar-dasar Islam (Kita taat) dan menjalin ukhuwah sesama muslim (Kita erat),” ungkapnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Izzul juga menjelaskan bahwa akan ada rangkaian kegiatan silaturahmi antara peserta dan panitia IST.

“Persiapan berikutnya itu kita mau adakan pre-event yang dimana nanti calon peserta itu kita masukkan ke grup untuk komunikasi dengan kakak pendampingnya,” jelasnya.

Agenda IST pada tahunan ini memiliki pelaksanaan yang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Selain dilaksanakan secara daring terdapat agenda tahun lalu yang tidak bisa dilaksanakan tahun ini.

“Karena ada pandemi jadi dilakukan secara online, terus ada satu kegiatan yang mungkin tidak bisa dilakukan yaitu shalat tahajjud pesertanya (baca : peserta IST),” tuturnya.

Meski kegiatan IST merupakan pengkaderan awal untuk menjadi pengurus FSI, kegiatan ini tetap dibuka untuk seluruh mahasiswa FPsi UNM.

“Sasaran peserta nya itu mahasiswa aktif Psikologi UNM yang belum melulusi pengkaderan IST dan juga mahasiswa muslim Psikologi UNM,” tambahnya.

Lebih jauh, Izzul pun mengharapkan pelaksanaan kegiatan IST tahun ini dilancarkan dan permasalahan teknis dapat diminimalkan.

“Semoga kegiatan kami nanti dilancarkan dan tidak banyak masalah terkait teknis-teknis nya,” tutup Izzul. (024)

*Berita ini ditulis oleh peserta magang LPM Psikogenesis 

Posting Komentar