Pamflet alur DJMTD 2020 LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM
Sumber: Dok. LPM BIOma

Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) merupakan program kerja tahunan Bidang Penelitian dan Pengembangan LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM untuk merekrut anggota baru. Program ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM khususnya dalam bidang jurnalistik, menumbuh kembangkan pengetahuan dan potensi mahasiswa di bidang jurnalistik, dan menghasilkan kader yang berkompeten di bidang jurnalistik.

Akibat pandemi COVID-19, kegiatan DJMTD tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring melalui  aplikasi konferensi video Zoom. DJMTD tahun ini terdiri dari tujuh tahapan, yaitu: (1) sosialisasi; (2) pendaftaran dan pengisisan formulir secara online; (3) wawancara; (4) penerimaan materi; (5) liputan lapangan; (6) magang; dan (7) pengukuhan.

Hingga Kamis (15/10), DJMTD telah sampai pada tahap wawancara yang telah dilaksanakan pada Minggu-Rabu (11-14/10). Setelah tahap wawancara,  akan ada penerimaan materi yang dilaksanakan pada Jumat-Minggu (16-18/10), kemudian dilanjutkan dengan agenda liputan lapangan di daerah peserta masing-masing (domisili) yang dimulai pada Minggu (18/10). Peserta yang telah menerima materi dan melakukan liputan lapangan akan mengikuti proses magang selama satu bulan, yakni pada Senin-Rabu (19/10-18/11). Peserta yang telah berhasil hingga ke tahap magang akan dikukuhkan secara resmi melalui agenda pengukuhan pada Sabtu-Senin (28-30/11). Setelah seluruh rangkaian kegiatan DJMTD selesai, peserta dinyatakan resmi menjadi reporter baru LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM.

Meskipun digelar secara daring, Nurinayah Nurdin selaku Ketua Panitia berharap agar  DJMTD dapat melahirkan reporter-reporter yang memiliki wawasan yang luas, inisiatif dan kreatif, memiliki nalar yang kuat sehingga dapat menjadi insang pers yang diharapkan.

"DJMTD dapat dikatakan sukses apabila semua tahapan terlaksana serta melahirkan reporter yang memiliki wawasan yang luas, inisiatif, dan kreatif, peka atau memiliki nalar yang kuat. Untuk panitia, pengurus, dewan redaksi, dan SC, saya berharap tetap semangat dalam menjalankan tugasnya  karena dengan kerja sama yang baik dapat membuat DJMTD berjalan dengan lancar," tutur mahasiswa angkatan 2018 tersebut.

Sementara itu, Khusnul Khatimah yang merupakan salah satu peserta dari DJMTD LPM BIOma menuturkan bahwa Ia tertarik bergabung sebab ingin mengembangkan bakat dalam bidang penulisan. 

“Saya dari dulu memang sudah tertarik dengan LPM BIOma, sebab ingin mengembangkan bakat dalam bidang jurnalistik dan kepenulisan,” ujar mahasiswa angkatan 2019 tersebut.

Selama kegiatan DJMTD berlangsung, peserta dapat membangun komunikasi dan mengajukan pertanyaan seputar DJMTD melalui grup WhatsApp yang telah disediakan oleh panitia pelaksana.

Reporter: LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM

Posting Komentar