Pamflet Webinar "Kekerasan dalam Berpacaran: Korban atau Pelaku?"
Sumber: Dok. Panitia KKP P2TP2A

Psikogenesis, Minggu (18/10)- Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) ramai mengadakan kegiatan webinar guna memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Muh. Rahmat, salah seorang mahasiswa yang melaksanakan KKP di Laboratorium  Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) Whidya Prasetia mengadakan webinar pada Sabtu (17/10) lalu dengan mengangkat topik terkait sex education. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat khususnya anak muda mengenai tindakan preventif terkait kekerasan dan pelecehan seksual.

“Kebetulan dilihat dari data merupakan masih yang tertinggi (baca: pelecehan seksual),” jelasnya.

Sementara itu, Khalil Gibran, mahasiswa yang melakukan KKP di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Makassar ini menjelaskan bahwa webinar yang dilaksanakan merupakan salah satu program kerja dari KKP yang dilakukan. 

"Ini webinar program kerjanya mahasiswa yang ada di kantor pusat P2TP2A,” jelasnya.

Mahasiswa yang akrab di sapa Khalil ini juga menjelaskan bahwa kegiatan webinar dilaksanakan karena banyaknya kasus kekerasan dalam berpacaran.

"Singkatnya, kita mau tumbuhkan aware-nya masyarakat khususnya anak-anak muda kalu hal-hal seperti ini terjadi loh di sekitar kita," tuturnya.

Khalil pun mengakui bahwa meski diikuti oleh masyarakat secara umum, sasaran utama mereka adalah remaja dan orang dewasa agar dapat meningkatkan kesadaran dan paham terkait kekerasan seksual khususnya dalam berpacaran. Sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait layanan pengaduan sebagai media yang dapat melindungi hak-hak korban. 

"Selain itu misal ada korban yang ikut ini kegiatan, kami harapnya mereka jadi tahu harus apa mengadu ke mana kalau-kalau alami musibah demikian," ujarnya. (026)

*Berita ini ditulis oleh peserta magang LPM Psikogenesis

Posting Komentar