Lukisan Ilustrasi Narcissus.
Sumber: Pinterest

Narcissus satu ini dihukum bukan karena menolak perasaan seorang wanita. Melainkan karena terlalu ceroboh mengungkapkan perasaannya kepada seorang wanita. Karenanya, ia dihukum oleh Eros sehingga tidak dapat mengungkapkan perasaannya ke siapapun dan tidak dapat mengetahui bagaimana rasanya dicintai, meskipun jika itu perasaan terdalam yang bisa dimiliki seseorang.

Semarah apapun Eros, ia tetap merasa iba dan memberikan syarat bahwa hukumannya akan terangkat apabila seorang wanita berhasil menaklukkan ego Narcissus dengan mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu kepada Narcissus yang akan membuatnya merasa dicintai.

Berabad sudah Narcissus menjalani hukumannya. Melihat ia selalu kesepian tanpa pasangan, teman-temannya menjahili Narcissus, "apa yang salah denganmu ?"

"Aku hanya menunggu orang dan waktu yang tepat," jawab Narcissus tiap kali pertanyaan itu muncul.

Meskipun sebenarnya ia tahu telah membohongi dirinya sendiri selama ini.

Berabad sudah Narcissus menjalani hukumannya. Berabad pula ia bertemu wanita-wanita berbeda yang menangkap mata dan tertarik padanya, tetapi tidak mampu diungkapkannya.

"Ia terlalu hebat untuk diriku, "

"Aku tidak bisa membayangkan hidup dengannya, "

"Dia tidak cukup baik untukku, "

"Terlalu banyak resiko jika aku ungkapkan, "

dan alasan-alasan lain yang membuat Narcissus akhirnya berhasil memendam perasaannya.

Berabad sudah Narcissus menjalani hukumannya. Lalu ada satu wanita yang telah menarik perhatian Narcissus cukup lama. Cukup lama hingga Narcissus tidak bisa membuka kesempatan bagi wanita lain untuk mendekat padanya. Cukup lama hingga Narcissus tidak bisa menemukan alasan untuk tidak mengungkapkan perasaannya kepada satu wanita itu. Cukup lama hingga Narcissus mengakui telah membohongi dirinya sendiri. Cukup lama hingga Narcissus merasa wanita itu adalah kesempatan terakhirnya. Namun bagaimanapun, kutukan Eros terlalu kuat baginya, membuat Narcissus kembali meragukan dan memendam apa yang dirasakannya, satu-satunya yang bisa ia lakukan adalah berharap bahwa wanita tersebut yang akan mematahkan kutukan padanya suatu hari nanti.

~Ahmad Ridha

Posting Komentar