Kegiatan seminar hasil implementasi dan pengumuman kelulusan fasilitator 2021 LPM Penalaran UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Seminar hasil implementasi dan pengumuman kelulusan fasilitator 2021 Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai salah satu tahapan Training of Trainer (ToT) 2021 dengan tema “Menjadi Fasilitator Penalaran: Efisien Menganalisis Efektif Memfasilitasi” yang berlangsung di Ruang FF 104 dan 105 FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) UNM pada Minggu (04/07). 

Setelah melewati berbagai tahapan mulai dari seleksi berkas, Leaderless Group Discussion (LGD), Technical Meeting (TM), Pelatihan Training of Trainer 2021 selama 3 hari di Bumi Perkemahan H.M Yasin Limpo Pebentengan hingga implementasi yang berlangsung dari Senin (28/06) hingga Sabtu (03/07), peserta ToT 2021 LPM Penalaran UNM mengikuti seminar hasil implementasi dan pengumuman kelulusan fasilitator di Ruang FF 104 dan 105 FMIPA UNM. 

Sebanyak 4 kelompok mempresentasikan hasil implementasi yang telah dilakukan selama kurang lebih satu minggu. Adapun judul pelatihan hasil implementasi yang diseminarkan oleh masing-masing kelompok yaitu: “Pelatihan Pemasaran Produk” oleh kelompok 1; “Pelatihan Pemasaran dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Gabus” oleh kelompok 2; “Pelatihan Public Speaking: Tunjukkan Potensi Diri dengan Public Speaking” oleh kelompok 3; dan “Pelatihan Mendeley: Optimalisasi Manajemen Referensi Untuk Efisiensi Karya Tulis” oleh kelompok 4. 

Pada kesempatan ini Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Nopri Hidayat, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta ToT yang telah menyelesaikan kegiatan ToT hingga tahap akhir. 

"Dan semoga Ilmu yang didapatkan dapat diterapkan pada kegiatan LPM Penalaran UNM sesuai dengan output ToT yaitu menjadi fasilitator penalaran," harapnya. 

Mustari S. Lamada pun selaku pembina LPM Penalaran UNM 2021 menuturkan harapannya terkait kegiatan ini. 

“Sebagaimana rumus fisika, semakin besar usaha yang dilakukan, semakin besar energi yang dapat diperoleh untuk masa depan. Begitu pula yang akan terjadi kepada lulusan ToT, semakin besar usaha kalian berkarya, semakin besar pula hasil baiknya untuk (LPM) Penalaran," tuturnya. 

Rangkaian kegiatan ini kemudian ditutup dengan pengumuman kelulusan fasilitator 2021 LPM Penalaran UNM yaitu sebanyak 18 peserta dinyatakan lulus dan sebanyak tiga peserta yaitu Nurul Hidayah, Zulfiki Hidayat, dan Masriani dinyatakan sebagai peserta terbaik. Sedangkan Putri sebagai peserta terfavorit pada kegiatan Training of Trainer 2021 LPM Penalaran UNM.

Posting Komentar