Anggota kelompok 25 KKP FPsi UNM bersama Nasrawati Hamid selaku dosen pembimbing.
Sumber: Dok. Kelompok 25 KKP FPsi UN
M.

Salah satu kegiatan mahasiswa Fakultas Psikologi UNM yang dilakukan dalam rangka menyempurnakan ilmu teoritis adalah melalui Kuliah Kerja Profesi (KKP). KKP adalah kegiatan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenali dunia kerja dan mampu mengaplikasikan teori yang telah diajarkan selama kuliah ke dalam kegiatan bekerjanya. Kegiatan KKP diharapkan dapat membuat mahasiswa lebih mempersiapkan diri sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya. Selain itu, kegiatan ini juga penting untuk mengasah kemampuan soft maupun hard skill sebelum memasuki dunia kerja. 

Kegiatan KKP ini dilakukan oleh kelompok 25 KKP FPsi UNM yang beranggotakan 5 orang yaitu Fadiyah, Indah, Ismi, dan Jumriaty di Kantor Pertanahan Kota Makassar selama 2 bulan. Para peserta magang mengikuti jadwal kerja sehari-hari kantor dari hari Senin hingga Jumat mulai pukul 8.00-16.30 WITA. Mereka ditempatkan di bagian pelayanan yang sehari-harinya berinteraksi langsung dengan pemohon.

“Ini menjadi tantangan juga bagi kami yang mengikuti KKP di masa pandemi. Tapi melalui KKP ini sangat banyak pengalaman yang kami peroleh dengan terjun langsung ke lapangan, yang tentunya tidak diperoleh di dalam kelas perkuliahan. Jadi melalui KKP kami bisa menjadi lebih paham akan dunia pekerjaan yang kompleks. Selama proses kegiatan kami juga diarahkan oleh Ibu Andi Nasrawati Hamid S. Psi., M. A. selaku dosen pembimbing dan Bapak Ashadi S. H. selaku pembimbing lapangan yang sekaligus menjabat sebagai Koordinator Kelompok Substansi Umum dan Kepegawaian di Kantor Pertanahan Kota Makassar agar kami bisa melaksanakan kegiatan dengan baik," ucap Indah.

Pelaksanaan KKP yang dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Makassar diharapkan mampu memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa. Mereka pun menuturkan bahwa melalui kegiatan ini, banyak pengalaman berharga yang diperoleh serta pesan dan kesan mendalam yang membantu mereka menjadi sosok yang senantiasa mempelajari hal-hal baru.

Posting Komentar