Pamflet Open Recruitment Volunteer PIA Lokasi Binaan.
Sumber: Dok. BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, (08/08)- Kementerian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) tengah mengadakan open recruitment volunteer Psychology In Action (PIA) yang berlangsung sejak Kamis (04/08) hingga Selasa (23/08) nantinya sebagai salah satu kesiapan PIA di pekan terakhir Agustus.

Berbeda dengan konsep PIA periode sebelumnya, Menteri Pengabdian Masyarakat (Menpema), M. Ali Sakti Putra R. mengungkapkan bahwa PIA yang diadakan pada tahun ini merupakan PIA lokasi binaan yang bertempat di Kota Makassar.

"Untuk periode ini (baca: periode 2022-2023) kita gunakan konsep lokasi binaan, bukan lagi desa binaan, karena sasaran lokasi dalam PIA ini adalah Kota Makassar, sehingga penggunaan redaksi katanya lebih tepat lokasi binaan," ucap mahasiswa yang akrab disapa Spoer tersebut.

Lebih lanjut, Spoer mengatakan bahwa lokasi PIA 2022 telah ditentukan, dan akan dilaksanakan dalam dua bagian pada lokasi yang sama, yaitu PIA pertama pada Jumat-Minggu (26-28/08) akan berfokus pada masalah pendidikan dan PIA kedua yakni pada Minggu-Selasa (11-13/09) nantinya akan berfokus pada masalah sosial.

"Lokasi binaannya berada di Jalan Ujung Bori Kompleks Aditarina, Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Untuk PIA pertama kita fokusnya ke masalah pendidikan anak-anak disana yang dilaksanakan pada 26-28 (26-28/08) Agustus dan 11-13 (11-13/09) September untuk PIA kedua fokus pada masalah sosial seperti mengadakan workshop berdasarkan kebutuhan masyarakat disana," jelasnya melalui via WhatsApp.

Untuk saat ini Kemenpema sedang gencar melaksanakan open recruitment volunteer PIA 2022, Spoer menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria untuk menjadi volunteer dan sebagai volunteer ada beberapa tugas yang akan mereka penuhi dalam kegiatan tersebut.

"Kriterianya itu mahasiswa FPsi minimal semester 3, dan sama kriteria volunteer pada umumnya seperti punya komitmen yang tinggi dalam kegiatan, sehat secara jasmani dan rohani, mampu menjalin interaksi yang baik dan berjiwa sosial. Secara umum, tugas volunteer ini adalah membantu pelaksanaan kegiatan dalam aspek pendidikan dan sosial, seperti mengajar dan kegiatan sosial lainnya," terangnya.

Untuk menjadi volunteer PIA 2022, para calon volunteer akan diberikan kesempatan untuk mengisi tautan pendaftaran hingga masa open recruitment berakhir dan akan dilanjutkan dengan pembekalan sebagai persiapan para volunteer untuk mengabdi.

"Pendaftarannya dilakukan dengan mengisi link pendaftaran yang telah disosialisasikan. Saat open recruitment telah selesai, pembekalan akan diberikan kepada para volunteer untuk memperdalam kesiapannya dalam melakukan pengabdian," tutupnya. (AIM)

Posting Komentar