Sahwa Ainul Maghfirah dalam Pemilihan Duta Pemuda Kota Makassar tahun 2022.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (22/08)- Sahwa Ainul Maghfirah, mahasiswi Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2020 terpilih sebagai Duta Pemuda Best Personality (kepribadian terbaik) Kota Makassar tahun 2022 yang dilaksanakan pada Rabu-Minggu (10-14/08).

Sahwa Ainul Maghfirah atau yang lebih akrab dengan sapaan Sahwa mengungkapkan ia berhasil terpilih dalam salah satu kategori juara yaitu Duta Pemuda Best Personality Kota Makassar tahun 2022.

Alhamdulillah Sahwa sempat lolos masuk ke top 8 (baca: 8 besar) tapi belum berhasil masuk ke top 3, tapi bersyukurnya karena Sahwa terpilih di salah satu juara kategori yaitu Duta Pemuda Best Personality Kota Makassar tahun 2022,” imbuhnya.

Sahwa mengungkapkan bahwa pemilihan Duta Pemuda Kota Makassar ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar di dua lokasi, yaitu di Balai Kota Makassar, lalu dilanjutkan di Hotel Claro Makassar.

“Pemilihan Duta Pemuda Kota Makassar tahun 2022 diselenggarakan oleh Dispora Makassar dan dilaksanakan selama 5 hari, Rabu-Minggu (baca: 10-14/08), pada Rabu merupakan tahap interview (baca: wawancara) dan Kamis-Jumat merupakan tahap karantina di Balai Kota Makassar, kemudian Sabtu di Hotel Claro mengikuti Festival Generasi Makassar dan grand final di hari Minggu,” ungkap Sahwa.

Sahwa lanjut menyebutkan sebanyak 32 peserta terdaftar sebagai finalis yang berasal dari Makassar mewakili kecamatan tempat tinggal masing-masing.

“Peserta yang dinyatakan lolos menjadi finalis sebanyak 32 orang, semua berasal dari Kota Makassar mewakili kecamatan tempat tinggalnya,” sebutnya.

Penyisihan pemilihan Duta Pemuda Kota Makassar dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap seleksi administrasi dan tahap interview. Pada tahap penyisihan terdaftar 44 peserta, dan yang dinyatakan lolos penyisihan terdapat 32 peserta.

“Terdapat 2 tahap seleksi, yaitu tahap seleksi administrasi, dari hasil seleksi administrasi terpilih 44 orang untuk mengikuti tahap seleksi interview. Kemudian, setelah tahap seleksi interview terpilihlah 32 orang yang menjadi finalis Duta Pemuda Kota Makassar 2022,” jelas Sahwa.

Sahwa kemudian menjelaskan kegiatan yang dilakukan ditahap selanjutnya yaitu pada tahap karantina melakukan photoshoot (pemotretan), kunjungan lorong wisata, dan mengikuti acara Festival Generasi Makassar. Setelah tahap karantina, dilakukan deep interview (wawancara mendalam) sebelumya memasuki beberapa rangkaian acara pada malam grand final.

“Untuk karantina hari pertama dimulai dengan photoshoot semua finalis dan kunjungan salah satu lorong wisata di Kota Makassar, kemudian di hari kedua karantina ada pembekalan materi untuk semua finalis Duta Pemuda Makassar dan di hari ketiga karantina semua finalis mengikuti rangkaian acara Festival Generasi Makassar. Lalu di hari keempat terdapat deep interview lagi untuk penentuan 8 besar dan di malam grand final terdapat beberapa rangkaian acara,” lanjutnya.

Sahwa merasa bahwa gelar ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan karena menyandang kepribadian terbaik, Sahwa sangat bersyukur diamanahkan gelar Duta Pemuda Best Personality Kota Makassar 2022.

Alhamdulillah sangat merasa bersyukur karena menurut saya penilaian Best Personality bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, personality menyangkut kepribadian dan alhamdulillah diamanahkan menjadi Best Personality atau Duta Pemuda Kepribadian Terbaik kota Makassar 2022 ini,” tutur Sahwa.

Dengan gelar berikut, Sahwa mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan banyak keuntungan lainnya dari Duta Pemuda Kota Makassar 2022, yaitu mendapat ilmu pengetahuan baru serta berkesempatan mengenal orang-orang hebat dan sukses, juga mendapat teman-teman baru yang sangat inspiratif.

“Ada banyak sekali ilmu pengetahuan baru yang saya dapatkan pada pemilihan ini, berkesempatan mengenal orang-orang hebat dan sukses serta mendapat teman-teman baru yang sangat inspiratif,” ungkapnya.

Sahwa mengungkapkan motivasi yang menjadi dorongan untuk mengikuti kegiatan Duta Pemuda Kota Makassar 2022, yaitu ingin menjadi role model (contoh teladan) bagi pemuda, terkhusus Kota Makassar.

“Ingin menjadi role model bagi pemuda terkhusus di Kota Makassar ini. Selain itu, saya juga ingin membanggakan kedua orang tua, keluarga dan membanggakan Fakultas Psikologi dan Universitas Negeri Makassar. Saya juga memiliki keinginan untuk selalu meng-upgrade (baca: meningkatkan) diri sendiri, menambah relasi dan tentunya menambah pengalaman,” papar Sahwa.

Sebagai penutup, Sahwa berharap semoga para pemuda semakin sadar pentingnya mereka sebagai tonggak berdirinya bangsa. Ia juga berharap agar pemuda dapat lebih inovatif, kreatif, dan bisa menjadi pemimpin perubahan. 

“Harapan saya semoga para pemuda semakin sadar akan pentingnya ia sebagai tonggak berdirinya suatu bangsa, karena di tangan pemudalah nasib suatu bangsa kedepannya. Semoga para pemuda lebih inovatif, kreatif dan bisa menjadi leader of change (baca: pemimpin perubahan) dalam kehidupan ini. Semoga hal-hal baik lebih disenangi pemuda saat ini dan tidak lagi terjerumus kedalam hal-hal negatif seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan lain-lain,” harap Sahwa. (ESS)

Posting Komentar