Sumber: Dok. Pribadi Milik Ahmad Razak

Ahmad Razak atau kerap disapa ‘Pak Ahmad’ oleh civitas akademika Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) UNM ini merupakan sosok ayah bagi keluarganya sekaligus bagi mahasiswa Kema FPsi UNM. Lahir Pada tanggal 25 April 1971 di Tangke Balla, Sulawesi Selatan. Beliau menyelesaikan program Sarjana dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Universitas Muslim Indonesia Makassar pada tahun 1994 dan dalam bidang ilmu Psikologi di Universitas 45 Yogyakarta pada tahun 2006. Program Magister dalam bidang Psikologi di Universitas Gajah Mada pada tahun 2005. Gelar Doktor (Dr.) diperoleh dari Universiti Kebangsaan Malaysia dalam bidang ilmu Psikologi pada tahun 2003. Beliau bekerja sebagai Dosen sekaligus Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan di FPsi UNM. Selama menjadi dosen, Ahmad Razak telah pengampu matakuliah Psikologi Pendidikan, Konseling dan Psikoterapi Islami, Kesehatan Mental, Psikologi Islami, Psikologi Agama, dan Model-model Pembelajaran.

Dalam lima tahun terakhir, beliau telah melakukan berbagai pengabdian kepada masyarakat, diantaranya adalah :
·         Ketua pelatihan konselor sebaya bagi mahasiswa FPsi UNM pada 2009;
·         Ketua pelatihan spiritual pada siswa SMPN 2 Sangguminasa Kab. Gowa pada 2010;
·         Ketua terapi spiritual bagi narapidana di lapas khusus narkoba Kab. Gowa Prov. Sulawesi Selatan pada 2011;
·         Ketua pelatihan pengembangan kompetensi kepribadian guru pada tahun 2013;
·     Ketua pegembangan kompetensi spiritual bagi narapidana di Lapas Lapas Kelas I Gunungsari Makassar pada tahun 2014;
·         Ketua assesmen dan pemetaan keterampilan bagi narapidana di Lapas Lapas Kelas I Gunungsari Makassar pada tahun 2015;
·         Ketua pengembangan kompetensi spiritual bagi narapidana wanita pada tahun 2015;
·         Ketuan pengembangan keterampilan Support Group Spiritual Counseling (SGS-Counseling) bagi kelompok narapidana pada tahun 2015.

Bukan hanya berpengalaman dalam pengabdian masyarakat, Ahmad Razak juga pernah menjadi pemakalah seminar ilmiah tentang “Mengatasi Masalah Melalui Konseling Al-Qur’an” dalam National Conference on Islamic Psychology pada 27-28 Februari 2015 di Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta.

Tetap konsisten dengan keinginan FPsi UNM dalam hal visi misi, Ahmad Razak akan tetap mengedepankan psikologi yang cinta damai. Beliau berencana membangun civitas akademika yang berkarakter baik dalam emosional, intelektual, dan spiritual. Baginya, sebagai sosok yang menahkodai kemahasiswaan kegiatan kelembagaan akan mendapatkan dukungan penuh selama bisa dilakukan sama-sama. Kelembagaan di FPsi UNM akan lebih baik apabila  terjalin komunikasi yang baik antara pihak lembaga dan fakultas. Komunikasi, kekompakan, dan kedisiplinan.