Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Workshop dan Festival Program Kreativitas Mahasiswa (Workfest PKM) 2016 yang dilaksanakan di ruang teater Lt. 3 gedung Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) selama dua hari, Sabtu-Minggu (08-09/10), menarik banyak perhatian. Tidak kurang dari 500 peserta dari sembilan Fakultas di UNM yang hadir pada kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM ini dibuka langsung oleh Pembantu Rektor (PR) III, Arifuddin Usman dengan mengusung tema "Inovasi, Kreasi dan Aksi untuk Negeri."

Workshop yang dilaksanakan pada hari pertama, Sabtu (08/10) diisi dengan pemberian materi PKM 5 bidang yakni bidang Penelitian, Teknologi, Kewirausahaan, Karya Cipta dan Pengabdian Masyarakat yang dibawakan oleh Ayu Hardiyanti Pratiwi selaku mantan finalis Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang diadakan di Universitas Brawijaya (UB) tahun 2014, serta Muhammad Romarion, Mardiyanto Barumbun dan Adinuansa sebagai pemilik PKM yang pernah mendapatkan dana hibah.

Festival yang dilaksanakan pada hari kedua, Minggu, (09/10) di tempat yang sama diisi dengan pameran 25 PKM yang telah didanai pada tahun 2015 dan pendampingan pengenalan PKM yang diberikan oleh pengurus LPM Penalaran periode 2015-2016 kepada peserta yang telah dibagi dalam kelompok.

Mukhbi Dwi Putra M. Kato selaku ketua umum LPM Penalaran periode 2015-2016 berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan terkait PKM agar mahasiswa mampu berkontribusi melalui peningkatan jumlah PKM. Ia juga berharap akan ada tindak lanjut yang lebih intensif dari pihak Kemahasiswaan Universitas. "Harapannya semoga ada tindaklanjut dari ini (baca: Workfest PKM 2016) dan berharap dukungan penuhnya juga," ungkapnya. (NRA)