Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Sumber: psikologiunm2011.blogspot.co.id

Makassar, Psikogenesis (27/10)- Setelah berhasil meraih akreditasi B, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (F.Psi UNM) kini berencana untuk membuka Program Studi Magister dalam satu tahun kedepan. Syarat akreditasi dan ketersediaan SDM sudah mampu dipenuhi fakultas.

Tujuan dibukanya Program Studi Magister (Sains) dan (Magister) Profesi agar psikologi dapat berkembang secara lebar di masyarakat dan menjadi alternatif terdekat lulusan sarjana psikologi kawasan Indonesia timur untuk melanjutkan studi magisternya.

Husain Syam selaku Rektor UNM saat kunjungannya ke FPsi UNM pada Jumat, (07/10) mengungkapkan dukungannya terkait rencana Dekan FPsi UNM untuk membuka Program Studi Magister Perguruan Tinggi Negeri. “Saran untuk mendirikan S2 saya setuju 100%, silahkan dibuat sekarang proposalnya dan profesi saya juga setuju 100% silahkan dan untuk sementara kita akan serahkan ke fakultas,” ungkapnya.

Mendapat dukungan dari Rektor UNM, Dekan FPsi UNM Muhammad Jufri kemudian membentuk tim yang diketuai oleh Ismarli Muis untuk membuat proposal usulan pembukaan Program Magister Sains-Profesi dan dikoordinir oleh Pembantu Dekan I Bidang Akademik Asniar Khumas.
“Kita memang sudah sepakat. Rapat terakhir kita itu sudah sepakat untuk membentuk tim yang akan bekerja mempersiapkan proposal usulannya. Jadi itu dikoordinir langsung oleh PD satu,” ungkap pria kelahiran Selayar itu.

Syarat dibukanya Program Magister pada peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta dua diantaranya adalah program studi sebidang pada program sarjana (baca: strata 1) harus memiliki Akreditasi minimal B dan harus memiliki sumber daya pengajar (dosen) yang telah bersertifikat profesi atau berijazah magister dan memperoleh gelar Doktor dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sebidang dengan program studi yang ingin dibuka.

Muhammad Jufri menambahkan bahwa dengan syarat yang tertera pada peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia di atas, pihak Fakultas hanya akan mengusulkan untuk pembukaan Program Magister sains (M.Si) dan Program Profesi (M.Psi) pada bidang Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) karena hanya pada bidang PIO ini jumlah dosen yang berijazah Doktor memenuhi syarat.
“Dari ketersediaan SDM kita sekarang yang paling memungkinkan itu Magister sains (M.Si) dan untuk profesi hanya akan membuka bidang PIO karena itu yang memenuhi syarat. Tahun ini insya Allah sudah terpenuhi,” jelasnya. (AF)

Posting Komentar