Sumber: terkininews.com


Maraknya kasus pencurian motor dan barang-barang berharga di area kampus Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuat pihak fakultas memperadakan Closed Circuit Television (CCTV) di dalam gedung perkuliahan dan area parkir Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) sejak (21/09) yang lalu.

Sepanjang tahun 2016 ini, sudah ada enam kasus pencurian barang berharga di lingkungan FPsi UNM. Kasus-kasus itu diantaranya adalah pembobolan kotak amal Mushalla pada bulan Januari dan Agustus lalu, pencurian laptop dan sejulah uang tunai milik salah satu dosen pada bulan April, serta pencurian motor pada bulan Juni dan Agustus. 

Muhammad Daud selaku Pembantu Dekan II (PDII) bidang Sarana dan Prasarana FPsi UNM mengatakan bahwa pemasangan CCTV itu dikarenakan civitas akademik FPsi UNM sudah seringkali menjadi korban pencurian sehingga diharapkan kasus-kasus seperti itu tidak akan terjadi kembali.  “Karena kita sudah sering kali jadi korban pencurian, jadi kita harapkan semoga dengan adanya CCTV tidak akan terjadi lagi pencurian,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Daud ini menambahkan bahwa pemasangan CCTV juga dilakukan dengan tujuan agar proses belajar-mengajar di fakultas dapat berjalan lebih baik. Ia mengatakan bahwa CCTV merupakan salah satu media untuk mengontrol kinerja dosen, staf, dan mahasiswa. “Alasan lainnya dipasang CCTV itu adalah untuk mengontrol kinerja semua orang, mulai dari dosen, pegawai, hingga mahasiswa,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa ke depannya, CCTV tersebut akan dipasang di setiap ruang perkuliahan.

Menanggapi penambahan sarana tersebut, Inaz Dzaki, Sekretaris Kementerian Sosial dan Politik (Kemensospol) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM mengatakan bahwa pemasangan di area fakultas terutama di sekitar lorong Lembaga Kemahasiswaan (LK) itu bagus karena bisa menjadi bukti apabila suatu hari terjadi kasus penyerangan seperti yang baru saja terjadi di antara mahasiswa UNM. “Kalau untuk lorong LK bagus juga, belakangan kan lagi banyak kasus penyerangan, jadi kalau suatu hari kejadian, tidak ada saling tuduh karena ada bukti,” ujarnya. 

CCTV ini sendiri dipasang di sekitar gedung BB dan BM juga di sekitar parkiran yang dipantau langsung oleh Dekan FPsi UNM. (IN)