Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Jumat, (07/10), kunjungan Husain Syam, selaku Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama seluruh Pembantu Rektor (PR) ke Fakultas Psikologi (FPsi) UNM dalam agenda silaturahim bersama seluruh Civitas Akademika FPsi UNM di ruang BM 101 menjadi pematik semangat bagi seluruh mahasiswa untuk terus menorehkan prestasi di kancah Nasional maupun Internasional.

Dalam kunjungannya, Husain Syam selaku pemimpin tertinggi dalam Institusi UNM menyampaikan bahwa ia akan membebaskan biaya semester bagi mahasiswa yang mampu meraih prestasi membanggakan terkhusus kepada mahasiswa yang terlibat dalam PON (Pekan Olahraga Nasional). “Kalau berhasil dapat perunggu nanti dibebaskan SPP (baca: uang kuliah) 1 semester, kalau perak itu 2 semester, kalau emas nanti dia bebas SPP sampai selesai. Tapi kalau dia mahasiswa Bidikmisi, nanti diganti jadi uang karena kan SPP-nya sudah gratis,” ungkapnya saat berdialog dengan seluruh Civitas Akademika FPsi UNM.

Salah satu mahasiswi FPsi UNM yang berhasil memperoleh kesempatan tersebut adalah A. Almaidah Dirhamzah, mahasiswi angkatan 2013 yang meraih juara 3 cabang olahraga Anggar tingkat nasional pada PON 2016 yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Ahmad Razak, selaku Pembantu Dekan (PD) III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM menyambut baik niatan Rektor untuk memberikan apresiasi bagi setiap mahasiswa agar termotivasi dalam berlomba-lomba untuk berprestasi. Kendati demikian, ia juga berharap agar apresiasi yang diberikan bukan hanya melihat dari satu bidang saja.

“Mungkin bisa saja kegiatan lain seperti olimpiade, karya ilmiah atau apapun itu yang sifatnya akademik. Itu yang belum kita tahu. Kalau olimpiade seperti PON  itu kan olahraga, yang sifatnya akademik juga harus diperhatikan biar prestasinya ini mahasiswa tidak pincang. Tapi kita harus apresiasi karena itu adalah langkah maju bahwa anak-anak kita yang berprestasi patut diapresiasi,” ungkapnya kala ditemui di ruangannya usai kegiatan silaturahim bersama Rektor.

Lebih lanjut ia berharap pula agar kiranya mahasiswa yang telah memperoleh prestasi di luar dari PON juga mendapatkan pembinaan. “Saya juga sudah bicarakan sama PR III, kita doakan semoga teman-teman kita yang Futsal juga mendapatkan pembinaan. Dikomentari juga sama pak Rektor, katanya nanti kita pikirkan karena harus bergerak sesuai dengan kebijakan yang ada,” tambahnya. (AWZ)