Foto bersama dalam kegiatan Peringatan World Mental Health Day di Pulau Kodingareng, Sabtu-Minggu, (22-23/10)
Sumber: Dok. Pribadi Adi Nursyamsu

Memperingati hari kesehatan mental sedunia 2016, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Sulawesi Selatan (SulSel) menggelar kegiatan perlombaan, konseling, dan pemeriksaan kesehatan gratis pada Sabtu hingga Minggu (22-23/10) di Pulau Kodingareng Lompo, Kec. Ujung Tanah Makassar. Kegiatan yang mengusung tema "Dignity In Mental Health-Psychological and Mental Health First Aid For All" mengundang perhatian dan antusiasme dari para masyarakat dan anak-anak setempat. 

Asniar Khumas selaku Ketua HIMPSI wilayah SulSel menjelaskan bahwa HIMPSI sebagai promotor kegiatan menghimpun kerjasama dengan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Ikatan Psikologi Klinis Indonesia, Bosowa, Yayasan Kalla, dan berbagai organisasi mahasiswa dan LSM seperti Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI), Lembaga Kajian Peduli Anak dan Remaja Celebes (LKPARC), Sekolah Semesta Indonesia (SSI), Vooluntir Dokter (Vol-D) Makassar dan Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM. 

Pada pelaksanaan kegiatan dihari pertama, dimulai dengan diadakannya lomba cerdas cermat bagi para siswa SMP dan SMA dengan tema bahaya merokok dan NAPZA yang diikuti oleh 17 tim. Kemudian, dimalam harinya dilaksanakan lomba adzan untuk anak laki-laki dan hafalan surah pendek untuk anak perempuan. Puncaknya yakni dihari minggu pagi diadakan senam bersama yang kemudian disusul dengan lomba memasak, renang dan dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan dan konseling gratis bagi para masyarakat setempat. 

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Abd. Sani selaku ketua Rukun (RT) pulau Kodingareng, menurutnya kegiatan ini sangat baik dan perlu dilaksanakan. "Saya bersyukur sekali diadakannya kegiatan ini, kemarin sudah ada lomba-lomba untuk para anak dan remaja, sekarang (23/10) dilanjut lagi kegiatan untuk para orang tua," tutur Sani saat ditemui disela pelaksanaan kegiatan. 

Bukan hanya itu, Rahmatia sebagai salah seorang peserta lomba memasak menuturkan kebahagiaannya dalam mengikuti lomba, menurutnya kegiatan ini membuat mereka dapat berkumpul dan bersenang-senang.


Oleh: Adi Nursyamsu 

Posting Komentar