Ilustrasi gambar akreditasi A
Sumber: google.com

Psikogenesis, (31/10)- Meski telah berhasil meningkatkan akreditasi C menjadi B, Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) rupanya tak menyerah dan targetkan program re-akreditasi untuk mencapai nilai A dalam waktu setahun. Hal ini ditandai dengan gencarnya pembenahan yang dilakukan fakultas di bidang sarana dan prasarana.

Pembenahan tersebut meliputi perbaikan di kelas-kelas untuk mencapai kelas standar, penambahan air conditioner (AC) di tiap ruangan, pergantian bangku kayu menjadi bangku plastik dan perbaikan ruangan dosen. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat menjalani proses perkuliahan dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan dari dosen-dosen.

Ditemui di ruangannya pada Kamis, (20/10), Muh. Jufri selaku Dekan FPsi UNM menuturkan bahwa program re-akreditasi ini bertujuan untuk mengejar skor yang hanya memiliki selisih tipis untuk mencapai nilai A dalam waktu setahun sesuai dengan waktu yang telah diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). "Berdasarkan ketentuan BAN-PT paling cepat satu tahun karena skor hanya beda sedikit walaupun idealnya sebenarnya empat tahun," ungkap pria asal Selayar ini.

Adapun poin yang dianggap kurang dari proses peningkatan akreditasi yaitu terkait pendanaan Fakultas yang dirasa masih tergolong kecil. Jufri mengaku bahwa hal ini tidak mudah dilakukan karena adanya pertimbangan-pertimbangan seperti ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penambahan kuota mahasiswa baru.

"Pendanaan sangat bergantung pada jumlah kuota (baca: mahasiswa baru) sehingga untuk mencapai pendanaan Fakultas yang besar, satu-satunya jalan yaitu menambah kuota tetapi penambahan ini juga harus berdasarkan SDM dalam hal ini dosen dan ruang kelas yang standar," jelasnya.

Program re-akreditasi tersebut disambut positif oleh beberapa mahasiswa FPsi UNM. Salah satu tanggapan berasal dari Asmar Tahirman selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM yang menyebut bahwa program re-akreditasi merupakan langkah yang sangat positif.

"Ku pikir itu adalah langkah positif selagi ada kesempatan untuk merubah akreditasi menjadi lebih baik. Apalagi sudah ditau celahnya berdasarkan laporan yang diterima sehingga pasti jadi lebih mudah untuk tutupi celah tersebut," ungkap pria penyuka olahraga futsal ini.

Tanggapan lain datang dari Rifka Sulfaidah selaku alumni FPsi UNM angkatan 2012 yang menganggap bahwa reakreditasi ini akan sangat membantu para alumni untuk mendaftar Strata 2 (S2) nantinya. Menurut Rifka, meningkatnya akreditasi Fakultas sudah sewajarnya diperoleh mengingat upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mencapai akreditasi tinggi.

"Sekarang ada mi gedung ta sendiri dan dengan perubahan-perubahan positif sehingga pantas ki untuk dapat B, apalagi ditambah kegiatan-kegiatan positif yang diikuti ataupun diadakan oleh dosen-dosen, alumni-alumni dan mahasiswa FPsi UNM membuat lebih pantas untuk meningkat lagi," jelas perempuan asal Makassar ini. (SFR)

Posting Komentar