Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (Real)  2016 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diselenggarakan pada Jumat-Minggu (16-18/09) merupakan tahapan awal untuk menjadi anggota biasa Kema FPsi UNM. Di hari terakhir pelaksanaan, terpilih Fadel Muhammad dan Isnawati sebagai bapak dan ibu suku angkatan 2016. Keduanya bertanggungjawab hingga terpilih ketua angkatan nantinya.

Sebagai rangkaian REAL, BEM memberikan kesempatan bagi mahasiswa angkatan 2016 untuk memilih bapak dan ibu suku. Ada 18 orang kandidat, terdiri dari 11 orang laki-laki dan delapan orang perempuan tetapi satu orang kandidat perempuan jatuh sakit sehingga gagal menjadi kandidat. Dengan menggunakan sistem musyawarah mufakat selama kurang lebih 30 menit, terpilih Fadel Muhammad sebagai Bapak Suku dan Isnawati sebagai Ibu Suku. 

Laela Sabrianti selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan mengaku bahwa Bapak dan Ibu Suku tidak tercatat dalam aturan AD ART Kema FPsi UNM. Bapak dan Ibu Suku diangkat sebagai penghubung antara BEM dengan mahasiswa baru. "Nda mungkin kemediklat sendiri menyampaikan ke semua mahasiswa baru, jadi lewat bapak dan ibu suku." jelas wanita yang akrab disapa Lela ini.

Fadel Muhammad menekankan bahwa pemilihan ini sangat penting dilaksanakan agar suatu angkatan memiliki pemimpin yang jelas. "Penting karena itu angkatan ada yang koordinir ki" ungkapnya. Hal yang senada disampaikan oleh Isnawati.

Keduanya pun berharap dapat saling bekerja sama hingga pemilihan ketua angkatan nantinya. "Semoga saya bisa bekerja sama dengan bapak suku, menjaga dan mengkoordinir teman-teman" jelas Isna, wanita asal Bulukumba itu. (SFR)