Foto bersama Dekan FPsi UNM dengan peserta upacara peringatan Sumpah Pemuda
 di Taman Sulappa Appa, Jumat (28/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (30/10)- Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) peringati hari Sumpah Pemuda di Taman Sulapa Appa pada hari Jumat, (28/10). Meski dengan persiapan yang minim, upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang dihadiri oleh civitas akademika FPsi UNM ini berlangsung cukup meriah. 

Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM mengaku upacara yang dilaksanakan guna menunjukkan rasa hormat dan cinta kepada sejarah dan pengorbanan pemuda yang membawa perubahan. "Kita sangat menghormati sejarah, mencintai pengorbanan-pengorbanan pemuda sebagai calon pemimpin generasi di masa depan. Karena itu, negara ada di tangan kita semua," ungkapnya.

Dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan ini berharap lewat pelaksanaan upacara Sumpah Pemuda, mahasiswa Fakultas Psikologi bisa menumbuhkan semangat sebagai calon pemimpin generasi masa depan. "Semoga kita semua mengambil spirit yang sangat besar, tetap bisa menunjukkan jati dirinya, integritasnya, kepribadian dan tidak ada yang lain sebagai penolong untuk melakukan itu semua kalau bukan kita semua," harapnya.

Mufliha Chaerati, salah satu mahasiswi FPsi UNM angkatan 2016 yang juga bertindak sebagai pemimpin dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda menanggapi positif acara tersebut sebagai wadah agar mahasiswa sadar akan fungsinya sebagai pemuda Indonesia. "Karena dari upacara mi itu, ditunjukkan mi kalau masih ada nilai-nilai juang ta sebagai pemuda," ungkapnya.

Tanggapan positif lainnya datang dari Lukman selaku Ketua Umum Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Psysport FPsi UNM periode 2016/2017 dan berharap bahwa kegiatan tersebut tidak hanya diperingati sekali tetapi setiap tahun guna mengenang kembali perjuangan-perjuangan pemuda sebelumnya. "Harapanku tetap diperingati tahun-tahun yang akan datang. Yah semoga LK (baca: Lembaga Kemahasiswaan) yang agendakanlah," jelasnya.

Meski dari segi jumlah mahasiswa Fakultas Psikologi tidak sebanyak Fakultas di UNM lainnya, namun hal itu tidak menjadi penghalang untuk merasakan khidmatnya hari Sumpah Pemuda. (SFR)

Posting Komentar