Suasana Konseling Qur'ani yang dibawakan oleh Asniar Khumas di ruang BM 101 FPsi UNM, (29/10)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

























Psikogenesis, Sabtu (29/10)- Asosiasi Psikologi Islam (API) Wilayah Indonesia Timur menyelenggarakan seminar Konseling Qur'ani di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar pada Sabtu, (29/10). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ulfiani Rahman selaku ketua API Wilayah Sulawesi Selatan.

Kegiatan Konseling Qur'ani ini bertujuan untuk menjadi solusi problematika kehidupan berbasis Al-Quran dengan sasaran yang lebih luas yaitu masyarakat Kota Makassar, utamanya guru madrasah Aliyah agar mampu diterapkan dalam proses pengajaran siswa dan mahasiswa agar mampu diaplikasikan dan disosialisasikan di masyarakat luas. Kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada tahun 2015 lalu dalam lingkup yang lebih kecil, yaitu hanya civitas FPsi UNM.

Materi pertama yang disampaikan oleh Abdul Salman selaku Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) UNM berisi mengenai pengenalan tentang konseling secara umum dan urgensi konseling itu sendiri. Sedangkan materi kedua yang disampaikan oleh Asniar Khumas selaku Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) membahas mengenai isu-isu kontemporer yang kini banyak ditemukan di masyarakat dan mengkaji beberapa hal melalui teori barat dan memberikan metode penyelesaian konseling qur'an.

Tampak menjadi peserta kegiatan yakni sejumlah mahasiswa magister bimbingan dan konseling pasca sarjana UNM, guru Madrasah Aliyah kota Makassar, serta mahasiswa dari Universitas Bosowa, Universitas Islam Negeri Alauddin dan Universitas Negeri Makassar.

Ahmad Razak selaku Ketua API Wilayah Indonesia Timur berharap bahwa berbagai masalah yang kini terjadi utamanya degradasi moral di kalangan remaja dapat diatasi dengan menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman. "Harapannya, kegiatan ini bisa memberi tawaran berbasis Al-Quran sebagai solusi masalah-masalah yang terjadi sekarang ini" ungkap Ahmad Razak selaku Ketua API Wilayah Indonesia Timur.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama API dengan HIMPSI, FPsi UNM, Jurusan BK UNM, serta Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Forum Studi Islam (FSI) FPsi UNM. (RA)

Posting Komentar