Suasana pendampingan FGD bersama maba 2016
Sumber: Dok. Mahasiswa Baru Angkatan 2016

Forum Group Discussion (FGD) merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), yang diadakan sejak awal Oktober 2016. Didalamnya terdapat 5 jenis materi yang akan di follow up untuk LDKM, Psychocamp, hingga berhenti pada LK 2.

Inastuti Retno G, selaku Sekretaris Kemendiklat, mengatakan bahwa pada kegiatan pendampingan ini, para Mahasiswa Baru (maba) dapat mengetahui seperti apa mahasiswa serta peran mahasiswa bagi masyarakat. Selain menerima materi, maba juga dapat menanyakan hal-hal lain, seperti bagaimana budaya di psikologi, bagaimana dosen yang ada di psikologi, maupun menyuarakan isi hatinya. "Misalnya dia (baca: maba) punya stressor dan dia nda bisa bagi ke orang lain, dia mau bagi saat pendampingan itu boleh" ujar mahasiswi angkatan 2014 tersebut.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 minggu. Pada minggu pertama dilakukan pengenalan. Jadwal pendampingan tergolong fleksibel, tergantung pada kesepakatan antara pendamping dan maba.

Mahasiswi yang akrab disapa Ines ini mengatakan bahwa masih banyak maba yang membutuhkan pendampingan, dilihat dari banyaknya maba yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan pendampingan ini juga sudah didesain sedemikian mungkin agar para maba tidak merasa bosan hanya dengan menerima materi. Berdasarkan hal tersebut, BEM merasa bahwa kegiatan pendampingan ini cukup efektif untuk dilaksanakan. "Menurut kami (baca: BEM), sampai saat ini masih efektif," ucap mahasiswi kelahiran Palu tersebut. (MNT)