Suasana penutupan kegiatan LDKM 2016 di gedung BMPDK Jln. Bontolangkasa No. 7/9, (30/10).
Sumber: Dok. LPM Pskogenesis

Psikogenesis, Minggu (30/10) - Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) 2016 telah berlangsung selama empat hari dimulai pada Kamis-Minggu (27-30/10). Kegiatan yang mengusung tema "Mahasiswa: Masihkah Dibutuhkan?" ini disambut antusiasme tinggi dari peserta yang marupakan mahasiswa baru angkatan 2016.

Asmar Tahirman selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa 2016 yang telah berpartisipasi dengan baik selama LDKM 2016 berlangsung. "Observasi saya selama dua tahun, LDKM kali ini paling banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, saya bilang itu luar biasa," paparnya saat memberi sambutan dalam penutupan LDKM 2016.

Meski ini merupakan kegiatan pertama yang diikuti maba 2016 di luar kampus, pria asal Luwu ini menghargai semangat peserta yang lebih besar dibanding kegiatan yang dilaksanakan BEM sebelumnya (baca: Real 2016). Menurutnya, mahasiswa 2016 menunjukkan perubahan kualitas fisik dan pola pikir yang lebih baik setelah mengikuti dua Pendidikan Dasar.

Hal serupa turut disampaikan oleh Muh. Nurhidayat Nurdin selaku Dosen Pembimbing BEM Kema FPsi UNM saat menutup kegiatan LDKM 2016 di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Jl. Bontolangkasa No. 7/9 Makassar. Antusiasme peserta selama kegiatan berlangsung menandakan bahwa pola pikir yang lebih kritis telah diterapkan oleh mahasiswa baru. Dosen mata kuliah Psikologi kelompok ini juga menambahkan bahwa materi LDKM bisa menjadi pelajaran bagi peserta untuk setidaknya mampu memimpin diri sendiri sebelum menjadi pemimpin ideal yang sesungguhnya.

Hingga hari terakhir kegiatan, peserta yang mengikuti LDKM 2016 tercatat berjumlah 107 orang, yang terdiri dari 103 orang mahasiswa angkatan 2016, tiga orang mahasiswa angkatan 2015 dan satu orang mahasiswi angkatan 2014. (ALF).

Posting Komentar