Sumber: Dok. Pribadi Ashari Ramadana

Ashari Ramadana T, S.Psi akrab disapa Ash ini merupakan seorang alumni Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang lulus pada tahun 2017. Pria yang lahir di Rappang ini, sejak SMP sudah aktif bergabung dalam organisasi dan hal itu berlanjut saat ia duduk di bangku kuliah. Ia menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM periode 2015 – 2016. 

Selama ia menjabat sebagai Mendiklat, Ash mengaku bahwa itu adalah masa-masa terberat sekaligus kaya pembelajaran selama ia berlembaga di FPsi UNM. Dari jabatannya tersebut ia belajar bertanggung jawab atas mahasiswa baru, belajar memahami orang lain dalam kelompok, dan belajar merancang kegiatan (mulai dari tujuan, mengarahkan orang-orang mencapai tujuan kegiatan, pelaksanaan, dan belajar menerima hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana). Ash mengungkapkan bahwa amanah yang ia pikul untuk mengarahkan mahasiswa baru menjadi berbalik mendidiknya. “Pada akhirnya, semua proses yang saya alami di lembaga kemahasiswaan membantu saya mengenal diri saya sendiri,”ungkapnya.

Selama aktif berlembaga, Ash mengalami banyak dinamika seperti banyaknya keluhan yang masuk ke BEM tentang perilaku mahasiswa baru (maba), sehingga BEM harus melakukan evaluasi terhadap maba setiap pekannya saat pengumpulan dan juga melakukan evaluasi metode yang diterapkan setelah itu.

Ash mengaku bahwa komunikasi terus dijalin, baik dengan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa), panitia pengarah inaugurasi, dan beberapa demisioner lembaga, terutama saat Kemendiklat merasa bahwa maba berada dalam fase rentan pada waktu itu. Dimana maba bisa menarik diri jika terlalu ditekan atau menjadi sulit diarahkan jika Kemendiklat terlalu permisif terhadap setiap pelanggaran.

Tidak hanya itu, mahasiswa angkatan 2015 juga beberapa kali mempertanyakan rentang waktu pemakaian jas almamater. Pelepasan jas almamater beberapa kali di tunda karena banyaknya pelanggaran yang sering maba lakukan. Kemendiklat juga memberikan tugas kepada maba untuk melaksanakan Bakti Sosial (baksos) sebagai kegiatan bersama di akhir masa pemakaian jasalmamater. Selain sebagai usaha menciptakan rasa peduli dan dinamika kelompok, baksos itu juga dimaksudkan sebagai momen tambahan bagi maba, yang mungkin kelak bisa mengingatkan dan mengikat mereka lebih erat sebagai satu angkatan. “Ceritanya masih banyak lagi dan akan terus bertambah karena pengaderan tidak hanya selesai sampai mahasiswa baru melepas jas almamater,” tambahnya.

DATA PRIBADI
Nama: AshariRamadana T, S.Psi
Jenis Kelamin: Laki-laki
Tempat Tanggal Lahir: Rappang, 13 Maret 1994
Status Perkawinan: Belum Menikah
Agama: Islam
Anakke: 1 dari 2 bersaudara
Motto: “Hidup yang takdipertaruhkan, takakanpernah dimenangkan” - Friedrich Schiller

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
2003 – 2006  : SDN KompleksIkip
2006 – 2009  : MTsN Model Makassar
2009 – 2012  : MAN 2 Model Makassar
2012 – 2017: S1 Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

PENGALAMAN ORGANISASI
2007–2008 : Pengurus OSIS MTsN Model Makassar
2011–2012 : Pengurus KIR MAN 2 Model Makassar
2013–2014 :Anggota BEM Fakultas Psikologi UNM
2014–2015 : Anggota Maperwa Kema Fakultas Psikologi UNM
2015–2016 : Menteri Pendidikan dan Pelatihan BEM Kema Fakultas Psikologi UNM

Profil Tabloid Edisi XVI, November 2017

Posting Komentar