Berdirinya program studi Psikologi Universitas Negeri Makassar tidak terlepas dari sosok Prof. Mohammad Thayeb Manrihu. Beliau memprakarsai berdirinya Psikologi setelah IKIP Ujung Pandang dikonversi menjadi Universitas Negeri Makassar pada bulan April 1999. Prof. Mohammad Thayeb Manrihu adalah seorang pemimpin yang lahir pada 10 April 1940 di Butta Panrita Lopi. Beliau menyelesaikan pendidikan tingkat Sekolah Dasar di tanah kelahirannya dan melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Butta Toa pada tahun 1956 kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. 

Pendidikan merupakan hal penting menurut beliau. Sehingga beliau memutuskan merantau ke pulau Jawa untuk melanjutkan pendidikan strata 1 di Universitas Gadjah Mada jurusan psikologi pada tahun 1964. Kemudian pada tahun 1971 beliau kembali melanjutkan belajarnya di LPPD IKIP Bandung jurusan bimbingan dan penyuluhan. Setelah meraih gelar magister, beliau kembali menuntut pendidikan doctoral di Sekolah Pascasarjana dengan jurusan BP IKIP Bandung pada tahun 1986.  Beliau resmi menyandang gelar sebagai Professor dua tahun setelah penyelesaian gelar doktornya. 

Prof. Mohammad Thayeb Manrihu juga pernah memeroleh penghargaan Satya Lencana Karya Satya XXX pada tahun 1995dari Presiden Republik Indonesia.Tak hanya itu, beliau juga menulis  jurnal, salah satunya adalah Desensitisasi Sebagai Suatu Teknik Konseling Perilaku yang dipublikasikan oleh Jurnal Intelektual Jurusan Psikologi Universitas Negeri Makassar pada Februari 2003. 

Posting Komentar