Kedatangan tim auditor eksternal ke FPsi UNM pada Selasa (05/12) di Ruang Rapat FPsi UNM
Sumber : Dok.. LPM Psikogenesis



Psikogenesis, Kamis (21/13)-Sehubungan dengan sertifikat The International Organization for Standardization (ISO) 9001:2008 yang berhasil diperoleh oleh Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dari Badan Sertifikasi, Tim Auditor Eksternal untuk tahun kedua kembali datang memeriksa sistem manajemen mutu yang berjalan di FPsi UNM pada Selasa (05/12) lalu.

Asniar Khumas selaku Pembantu Dekan I (PD I) Bidang Akademik FPsi UNM mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang ditinjau oleh Tim Auditor dalam pemeriksaan, yakni mulai dari bagaimana kurikulum disusun, visi dan misi Fakultas, kesesuaian kurikulum dengan visi misi yang telah dirancang, kompetensi yang ingin dicapai dari kurikulum, hingga bukti dokumen apakah kurikulum telah disahkan atau belum. Selain itu, Tim Auditor juga meninjau bidang lainnya seperti kelancaran proses perkuliahan, fasilitas penunjang pendidikan, hingga bagian kemahasiswaan seperti data alumni terkait tempat bekerja dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. "Memang yang utama itu akademik tapi kan tidak terlepas dari masing-masing. Kurang lebih sama dengan akreditasi tapi sangat detail," ungkapnya.

Dosen yang akrab disapa Niar ini menambahkan bahwa ada beberapa temuan minor yang harus  diperbaiki oleh pihak fakultas, misalnya terkait penyimpanan arsip, instrumen perkuliahan, evaluasi perkuliahan dan peralatan perkuliahan. "Semua yang dituntut harus kita (baca: pihak fakultas)  penuhi. Temuan-temuan minor harus diperbaiki kemudian harus kita kirimkan jawaban kepada mereka (baca: tim auditor eksternal) tentang apa yang sudah kita lakukan. Waktunya itu dua bulan. Nanti itu yang akan menetukan apakah sertifikat ISO masih kita pajang," tambahnya.

ISO sendiri merupakan salah satu Lembaga Pemerintahan terkait manajemen mutu akademik yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai lembaga yang berstandar international. (ASM)

Posting Komentar