Agenda pengolahan data dengan pemateri Yusuf Ramadana selaku Asisten Labkommat dalam Pelatihan Akbar Daya Analysis Traning dengan tema "Statistics Application for Data Analysis" di Lab. Matematika FMIPA UNM pada Minggu, (10/12).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (11/12)-Laboratorium Komputer Matematika (Labkommat) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses menggelar Pelatihan Akbar Data Analysis Training gelombang I dengan tema "Statistics Application for Data Analysis" pada Minggu, (10/12). Sebelumnya, pelatihan tersebut telah dilakukan pada Sabtu (09/12) dan akan dilanjutkan untuk gelombang II pada Sabtu-Minggu (16-17/12) mendatang. Kegiatan tersebut merupakan program tahunan yang telah dijalankan sebanyak 3x sejak tahun 2015.

Peserta pada Data Analysis Training kali ini terdiri dari dosen dan mahasiswa yang datang dari berbagai Universitas yang ada di Makassar, yakni UNM, Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Universitas Indonesia Timur (UIT). 

Alif Rezky, Ketua Panitia Pelatihan Akbar Data Analysis Training mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini ialah membantu mahasiswa untuk menganalisis dan menginterpretasikan data, terutama ada mata kuliah yang membutuhkan analisis data. "Terutama untuk mahasiswa yang sedang melakukan penelitian," jelasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Alif ini pun berharap agar informasi terkait pelatihan ini dapat tersebar lebih luas lagi. Selain itu, ia juga berharap agar pihak Jurusan dapat membantu untuk kegiatan-kegiatan  selanjutnya. "Jurusan bisa perhatikan kami dalam segi finansial, bisa lebih bagus lagi dari persiapan-persiapannya," harapnya.

Melalui kegiatan kali ini, Afaniah Fahreny Jafar, salah satu peserta dari jurusan Matematika FMIPA UNM angkatan 2015 mengungkapkan bahwa ia bersyukur karena telah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. "Yang dulunya ndak mengetahui penggunaan aplikasi SPSS, sekarang sudah mengetahui," ungkapnya.

Ia pun berharap agar untuk kegiatan selanjutnya, waktu yang dapat disediakan bisa lebih banyak lagi, agar pemberian materi dan proses pembelajaran bisa lebih optimal. "Jadi istilahnya butuh waktu yang lebih lama lagi," tutupnya.

Kontribusi untuk peserta yang berasal dari UNM sendiri sebesar Rp.60.000.00,- dan peserta dari luar UNM sebesar Rp.100.000.00,-. Peserta sendiri pun mendapatkan modul pembelajaran, snack/makan siang, sertifikat, dan note book. (NRL)

Posting Komentar