Kegiatan LK Bersama Anggota Kema
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis, Kamis (30/11)- Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kelas Parepare tertarik untuk mejadi bagian dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) FPsi UNM. Namun, syarat untuk menjadi bagian dari LK ialah harus menjadi anggota Keluarga Mahasiswa (Kema) dan telah melulusi semua pengaderan wajib dan peminatan yang ada.

Dalam Undang-undang (UU) Pendidikan Kema FPsi UNM no. 20 tahun 2016 BAB III pasal 5 ayat 2 dijelaskan bahwa Pendidikan dasar tersebut ialah Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (Real), Psychocamp, Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), dan pendidikan peminatan oleh Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) FPsi UNM. Sedangkan, mahasiswa kelas Parepare tidak bisa mengikuti seluruh rangkaian pendidikan tersebut dikarenakan lokasi yang berada cukup jauh dari kampus Gunung Sari Baru UNM.

Fira Zalsabila, mahasiswi kelas Parepare ini mengungkapkan bahwa ia berminat untuk berorganisasi tetapi terkendala dengan pengaderan dan kelas yang jauh dari Kampus Gunung Sari Baru UNM. "Saya tertarik dengan lembaga kajian keagamaan yang ada di FPsi," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Muh. Wija Hadi Perdana selaku Presiden Mahasiswa (Presma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema FPsi UNM menuturkan bahwa kejelasan status maba FPsi kelas Parepare akan didiskusikan dengan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM kemudian disampaikan ke pihak fakultas. "Jika mahasiswa kelas Parepare tidak bisa kembali ke sini maka otomatis dia tidak akan bisa ikut berlembaga dikarenakan tidak berada dalam lokasi ini," tutur mahasiswa angkatan 2014 ini. 

Senada dengan hal tersebut, Miqhiyal Akbar selaku Ketua Komisi I Maperwa Kema FPsi UNM mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait pengaderan untuk maba kelas Parepare tersebut. "Sebenarnya status Maba Parepare itu sebagai anggota muda Kema FPsi juga, jadi kalau mau jadi anggota LK tetap harus melewati tiga pengaderan dasar dan satu peminatan," jelas mahasiswa asal Sinjai itu. (AAS)

Posting Komentar