Buku panduan akademik tahun 2017/2018 FPsi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (24/12)-Buku Panduan Akademik  Kurikulum 2017 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah diterbitkan November kemarin. Buku tersebut juga telah dibagikan kepada mahasiswa baru (maba) FPsi UNM. 

Asniar Khumas selaku Pembantu Dekan I (PD I) Bidang Akademik FPsi UNM menjelaskan bahwa buku panduan tersebut bertujuan memberikan informasi kepada maba tentang mata kuliah yang akan didapatkan selama menempuh pendidikan di FPsi UNM. “Memberikan informasi kepada mahasiswa angkatan 2017, mata kuliah apa saja yang didapatkan selama mereka kuliah, baik mata kuliah wajib maupun pilihan,” tuturnya.

Dosen asal Parepare tersebut menambahkan bahwa buku panduan akademik disusun sebagai amanah dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terkait dengan pelaksanaan pengelolaan pendidikan tinggi yang terstandar secara nasional. Salah satu yang harus dipenuhi yaitu Tim membuat atau menyusun kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “Kurikulum yang berbasis KKNI itu adalah kurikulum yang ditetapkan oleh negara untuk menyamakan kompetensi lulusan Indonesia sama dengan kompetensi lulusan dari mahasiswa di manapun di dunia ini,” jelasnya.  

Lebih lanjut dosen Psikologi Umum ini menambahkan bahwa buku panduan tersebut disusun selama 3 tahun. Adapun tim penyusunnya adalah Asniar Khumas, Kurniati Zainuddin, Nurfitriani Fakhri, Muh. Nur Hidayat Nurdin, Ahmad Ridfah, dan Fachri Nurdin. “Kita buat kurang lebih selama 3 tahun prosesnya untuk menyusun kurikulum yang ada di buku panduan,” tambahnya. (ANR)

Posting Komentar