EMPATI National Competition oleh UKM LKIMB UNM.
Sumber: Dok. UKM LKIMB UNM

Dalam rangka memperingati Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKtP) pada Kamis (25/11),  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kajian Ilmiah Mahasiswa Bertakwa (LKIMB) Universitas Negeri Makassar (UNM), akan menggelar kegiatan Empowering Women In The Society (EMPATI). Adapun tema yang diusung yakni, “Kekerasan dan Pelecehan Seksual  terhadap Perempuan di Ranah Publik maupun Privat”. 

Pada kegiatan EMPATI ini akan ada kompetisi esai dan poster mahasiswa tingkat nasional sebagai bentuk wadah penyaluran kreativitas dan tanggapan mahasiswa terhadap kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan. Bidang Keputrian, selaku inisiator kegiatan, juga akan mengadakan kampanye di media sosial dan akan berlangsung selama 16 hari dengan melibatkan berbagai organisasi dan komunitas yang berpusat pada gerakan perempuan di Indonesia. 

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat seputar kekerasan dan pelecehan seksual  berbasis gender yang masih sering terjadi terlebih khusus bagi perempuan. Saya berharap, dengan adanya kegiatan EMPATI ini kekerasan dan pelecehan seksual dapat diminimalisir, atau bahkan tidak ada lagi,” ucap Hasni Amaliyah, selaku Ketua Panitia EMPATI. 

Lebih lanjut, Nurul Auliya Amin, Ketua Bidang Keputrian LKIMB UNM Periode 2021-2022 mengatakan tujuan digelarnya kegiatan EMPATI ini untuk memberikan wadah dan sosialisasi masalah seks dan gender yang di kemas dalam bentuk kompetisi dan juga dirangkaikan dengan diskusi. Tidak hanya itu, tujuan lainnya agar mahasiswa lebih meng-upgrade lagi kepekaannya terhadap isu-isu keperempuanan, terkhusus di ranah kekerasan dan pelecehan seksual. 

“Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dimulai dari kita sadar, bahwa benar adanya bahaya dan tindakan yang tidak baik. Setelahnya, otak dan tubuh tidak lagi ragu memberikan reaksi ketika terjadi sesuatu yang mengarah pada pelecehan serta kekerasan," lanjutnya. 

Puncak kegiatan EMPATI akan dilaksanakan pada Kamis (25/11) mendatang dengan item kegiatan: Presentasi Esai Finalis, Pengumuman Pemenang Lomba, dan Diskusi publik tentang Kekerasan dan Pelecehan Seksual yang akan berlangsung secara daring. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lomba Esai dan Poster Mahasiswa tingkat Nasional, silahkan mengunjungi https://linktr.ee/Ruangtemuperempuan.

Posting Komentar