Fakultas Psikologi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (29/10)- Mekanisme perkuliahan mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mulai Senin (01/11) akan dilakukan secara luring terbatas. 

Wakil Dekan (WD) I Bidang Akademik, Eva Meizara Puspita Dewi telah mengonfirmasi penerapan mekanisme perkuliahan luring terbatas ini pada Jumat (29/10) sore tadi. Eva Meizara Puspita Dewi, yang juga akrab disapa Eva menyampaikan jika rencana perkuliahan luring telah muncul sejak bulan lalu sesuai instruksi Rektor UNM yang mendengar keluhan mahasiswa terkait kurang efektifnya perkuliahan daring. 

“Iya, 2 hari lalu, ditanyakan oleh Pak Rektor apakah sudah siap atau belum, tapi kan untuk kuliah luring banyak yang perlu kita siapkan itu seperti prokes (baca: protokol kesehatan) yang harus jelas yang datang ke kampus baik dosen maupun mahasiswa harus sudah divaksin, masker dan social distancing (baca: pembatasan sosial),” pungkasnya. 

Eva melanjutkan jika mekanisme perkuliahan luring terbatas ini telah disiapkan dua opsi yaitu opsi pertama sebagian mahasiswa datang kuliah luring dan sebagian lagi mengikuti perkuliahan daring serta opsi kedua dimana Satuan Kredit Semester (SKS) yang akan dipecah. 

“Mungkin dalam kelas 45 (baca: mahasiswa) tapi yang datang 20 jadi luring 20 daring 25 jadi blended (baca: campur) mengajar sekaligus. Opsi B, saran Rektor bilang, 1 sks luring kemudian 1 sks daring tapi dosen nggak mau karena melelahkan harus 2 kali mengajar,” ungkapnya 

Eva menyampaikan jika kelas yang akan disiapkan untuk uji coba perkuliahan pada minggu depan adalah sejumlah kelas yang memenuhi persyaratan Kepala Program Studi (Kaprodi) FPsi UNM. 

“Hasil rapat tadi, Psikologi pun juga akan melakukan kuliah luring sesuai yang dipersyaratkan Kaprodi yaitu hanya mata kuliah yang bukan mata kuliah rombongan belajar (kelas paralel), termasuk mata kuliah pilihan dan hanya sedikit jumlah mahasiswa dalam kelas itu,” ujarnya. 

Eva juga mengakui jika saat ini, Kaprodi sedang menyusun daftar mata kuliah yang sesuai syarat dan akan diumumkan segera. 

“Terkait sarana dan prasarana di kelas, saya berharap ke WD II (baca: Wakil Dekan II Bidang  Administrasi Umum dan Keuangan) agar beliau mohon bisa bekerja sama dengan akademik untuk menyiapkan keperluan prokes seperti hand sanitizer (baca: penyanitasi tangan), disinfektan, masker, LCD (baca: Liquid Crystal Display), dan Zoom Meeting untuk yang masih daring,” jelasnya. 

Terakhir, Eva juga menyampaikan jika kuliah ini adalah kuliah luring uji coba untuk kuliah luring secara penuh kembali pada semester depan. 

“Tanggalnya sudah pasti akan diadakan kuliah luring pada 1 November mendatang yaitu minggu depan. Ini nanti akan kita evaluasi dan kemungkinan semester depan kita akan mulai kuliah luring sepenuhnya,” tutup. (EHRE)

Posting Komentar