Pengumuman juara favorit PKMRSH-3.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis. 


Psikogenesis, Sabtu (30/10)- Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berasal dari Fakultas Psikologi (FPsi) dan Fakultas Pendidikan (FIP) meraih juara favorit kelas PKM-Riset Sosial Humaniora tiga (PKMRSH-3) dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-34 Tahun 2021 pada Jumat (09/10) kemarin. 

PKM-Riset Sosial Humaniora yang diketuai oleh Hardiana ini berjudul “Penerapan Virtual Benson Relaxation Therapy dan Points of You dalam menurunkan Kecemasan Tenaga Medis Penyintas Covid-19”. Adapun anggota tim ini yakni Herianti Sonda, Nur Rahmah, Muh. Idris Taqi, yang ketiganya berasal dari FPsi, dan Muzayyinah Al-Usrah yang berasal dari FIP.  

Hardiana selaku Ketua Tim PKM-RSH merasa bersyukur atas pencapaian timnya. 

“Alhamdulillah, bersyukur bisa mewakili UNM, Psikologi dan memberikan kebahagiaan untuk semuanya,” ucapnya. 

Mahasiswa yang kerap disapa Diana ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen Fakultas Psikologi atas bimbingan dan dukungannya. 

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pak Dekan Psikologi, bu WD I (baca: Wakil Dekan), pak WD II, bu WD III, bu Kajur (baca: Ketua Jurusan) , Kaprodi (baca: Ketua Prodi), dan tim Pukat (baca: Pusat Kreativitas Mahasiswa Terunggul) serta seluruh bapak ibu dosen, terkhusus kepada pembimbing kami pak Ahmad. Terimakasih atas bimbingan dan segala support yang telah diberikan kepada kami, ini semua untuk beliau yang luar biasa,” jelasnya. 

Diana juga menjelaskan bahwa banyak pengalaman dan pelajaran yang ia dapatkan selaku Ketua Tim terutama dalam hal ketelitian dan kesabaran dalam proses mengikuti PIMNAS. 

“Banyak pelajaran harus butuh ketelitian dimana teliti mengikuti aturan. Harus butuh kesabaran dimana harus dapatkan terus koreksi bahkan sampai menusuk hati, bahkan selalu deg-degan kalau detik-detik pengumpulan terakhir laporan,” jelasnya. 

Sama halnya dengan Diana, Muh. Idris Taqi selaku salah satu anggota tim PKM-RSH juga merasa bersyukur telah menjadi juara favorit dalam PIMNAS ke-34 ini. 

“Alhamdulillah, tentunya senang dan bersyukur banget dapat salah satu penghargaan di PIMNAS 34. Tentunya ucapan terimakasih tiada henti untuk orang-orang yang mendukung kami hingga saat ini,”akunya. 

Taqi menyampaikan bahwa mengikuti PIMNAS merupakan pengalaman yang sangat berkesan dan fenomenal. 

“Kalau kesan ya bermacam-macam susah digambarin, mulai dari sedih, cemas, capeknya, deg-degannya juga dirasakan banget apalagi saat mau presentasi,” jelasnya. 

Sementara itu, Hardiana berharap pada PIMNAS berikutnya lebih banyak mahasiswa psikologi yang lolos karena memiliki potensi yang luar biasa. 

“Semoga PKM selanjutnya lebih banyak yang lolos masuk PIMNAS, jangan takut, tema-tema psikologi sangat bagus dan berpotensi masuk PIMNAS, buktikan bahwa mahasiswa psikologi bisa,” ucapnya. 

Hardiana juga berharap Fakultas Psikologi dapat memfasilitasi mahasiswa yang memiliki potensi dalam berkarya. 

“Karena saya yakin ide-ide yang dimiliki mahasiswa Psikologi sangat luar biasa dan patut untuk dibimbing dan di-support (baca: didukung),” tutupnya. (DF)

Posting Komentar