Live Streaming PIMNAS Ke-34 Kemendikbud RI.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Rabu (27/10)- Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) resmi dibuka secara luring di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dan secara daring melalui Zoom Meeting serta Streaming Youtube pada Selasa (26/10) kemarin. 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 pelaksanaannya dimulai pada Selasa-Sabtu (26-30/10) dengan tema “Menuju Indonesia Emas melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”. PIMNAS ke-34 ini diselenggarakan dengan konsep hybrid yaitu menggabungkan antara pertemuan secara luring dan daring demi mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penurunan COVID-19. 

Muryanto Amin selaku Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menjelaskan bahwa PIMNAS merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan sebagai ajang mengembangkan potensi generasi muda untuk membangun Indonesia yang lebih baik. 

“PIMNAS Ke-34 ini memfasilitasi dan memediasi seluruh ide, kreativitas dan inovasi generasi muda untuk terbiasa berkompetisi secara sehat dan meraih prestasi akademik tertinggi, mengharumkan nama institusinya sekaligus memberi manfaat yang luas bagi bangsa dan negara,” jelasnya. 

Muryanto juga menjelaskan bahwa tema PIMNAS ke-34 ini lebih berfokus pada kearifan lokal dengan keanekaragaman Indonesia. 

“Materi tema tentang kearifan lokal sengaja diambil dalam tema PIMNAS kali ini karena kearifan lokal memberikan banyak keanekaragaman untuk bisa kita miliki rasa internasionalnya, itu yang paling penting dalam pesan PIMNAS pada tahun ini,” ucapnya. 

Sementara itu, Edy Ikhsan selaku Ketua Umum Panitia PIMNAS ke-34 menjelaskan bahwa terdapat 735 tim dari perwakilan 108 kampus yang telah lolos sebagai peserta. 

“PIMNAS ke-34 tahun 2021 diikuti oleh 3126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 kelompok PKM berasal dari 108 perguruan tinggi seluruh Indonesia,” jelasnya. 

Edy mengungkapkan bahwa kelas penjurian terdiri dari 35 kelas dengan 9 program yang akan diperlombakan. 

“Yakni PKM Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM Gagasan Tertulis, PKM Kewirausahaan, PKM Karsa Cipta, PKM Karya Inovatif, PKM Terapan IPTEK, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Riset Sains dan PKM Riset Sosial dengan tim juri berjumlah 107 orang,” ungkapnya. 

Edy juga menjelaskan terkait rangkaian kegiatan PIMNAS mulai pembukaan hingga penutupan. Kegiatan dimulai dengan ramah tamah pada Rabu (25/10) kemudian opening ceremony pada selasa (26/10).

“Berikutnya adalah penjurian. Penjurian presentasi akan dilakukan secara hybrid pada tanggal 27-28 Oktober 2021. Penjurian poster akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober. Berikutnya, pameran poster dan talkshow yang terbuka untuk umum boleh disaksikan oleh siswa SMA dan mahasiswa di kota Medan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan berikutnya adalah kuliah umum pada tanggal 29 oktober 2021, dan yang terakhir adalah closing ceremony pada 29 oktober 2021 dengan acara puncak berupa pengumuman pemenang PIMNAS dan penyerahan piala bergilir kepada juara umum PIMNAS ke-34,” jelasnya. 

Akhir kata, Edy berharap kegiatan PIMNAS dapat terlaksana dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Kami berharap PIMNAS Ke-34 tahun 2021 ini dapat berlangsung dengan sukses, lancar, aman dan tertib sesuai protokol kesehatan,” tutupnya. (DF)

Posting Komentar