Relaksasi Pengelolaan Emosi oleh Dosen dan Mahasiswa BKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa tim bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) bersama dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan pemberian relaksasi kepada para lansia yang berlokasi di Kelurahan Rappokaling, Makassar pada Jumat (10/03) yang lalu.

Melalui teknik relaksasi yang diberikan, mahasiswa dan dosen berharap ilmu-ilmu dasar psikologi dapat diterima dan dipraktikkan dengan baik oleh masyarakat umum khususnya lansia di Kelurahan Rappokalling. Kegiatan ini di ikuti oleh 3 kelompok BKP Proyek Kemanusiaan bersama mitra Rumah Zakat di BumMas Gaddeta Kelurahan Rappokalling dan 3 dosen Fakultas Psikologi UNM yaitu Kurniati Zainuddin, Kartika Cahyaningrum, dan Tri Sulastri. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu sebanyak 20 orang lansia. 

Teknik relaksasi merupakan tindakan eksternal yang mempengaruhi respon internal individu. Contoh teknik relaksasi yaitu biofeedback, yoga, meditasi, latihan relaksasi progresif. Relaksasi adalah status hilang dari tegangan dari otot rangka dimana individu mencapai melalui praktek teknik yang disengaja. Sehingga dapat disimpulkan teknik relaksasi dapat mempengaruhi individu dengan memberikan rangsangan sehingga meringakan ketegangan otot.

Yenilia Rezky Pramudyanti, salah satu mahasiswa BKP mengatakan, tujuan pemberian teknik relaksasi ini, yaitu untuk mengajarkan mereka bagaimana cara mengelola emosi, terkhusus pada usia mereka yang terbilang sudah senja. Jenis teknik relaksasi yang diberikan yaitu pengaturan pernapasan dan meditasi.

“Harapan saya, kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat kepada lansia yang mengikuti. Selain itu, kami juga berharap teknik ini dapat dipraktikkan secara mandiri oleh para lansia karena terdapat banyak hal positif yang didapatkan dari teknik ini,” ucapnya.

Posting Komentar