Pelatihan Mindfulness Out Life oleh Mahasiswa BKP FPsi UNM di UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis- Selasa (20/06) Mahasiswa Kelompok Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan Pelatihan Mindfulness bertajuk “Mindfulness Energize Our Life” di UPT (Unit Pelaksana Teknis) PPK (Penilaian Potensi dan Kompetensi) BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (23/05).

Besse Widah Faridah yang merupakan mahasiswa BKP Magang Mandiri FPsi UNM di UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mereduksi stres kerja dan meningkatkan kesejahteraan psikologis pada UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini sebagai Upaya mereduksi stres kerja dan revitalisasi psychological well being dalam lingkup UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Ridah ini menuturkan bahwa kegiatan Pelatihan Mindfulness ini menghadirkan Widyastuti sebagai fasilitator, Kartika Cahyaningrum sebagai co-fasilitator serta dihadiri oleh 17 Pegawai dan Staf UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan serta 8 mahasiswa BKP Magang Mandiri FPsi UNM.

“Kegiatan ini Fasilitatornya ada Bunda Widya dan Kak Ocha, kemudian diikuti oleh tujuh belas orang yang terdiri dari pegawai UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Selatan, serta delapan orang dari tim magang program MBKM Magang/Praktik Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar,” tuturnya.

Ridah menjelaskan bahwa pengusungan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Mindfulness dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh Pegawai struktural dan fungsional di UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tentu saja ini diambil berdasarkan dari hasil wawancara dengan beberapa pegawai struktural dan fungsional di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi, berangkat dari permasalahan yang kami dapat tersebut kami diskusikan dengan DPL sampai akhirnya kami memutuskan untuk usung Mindfulness,” jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2020 ini juga menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Mindfulness memberikan wadah pemberian materi sekaligus praktik layaknya Mindfulness Breathing, Mindfulness Eating, Mindfulness Walking, dan Kereta Kehidupan.

“Konsep dari acaranya kita buat bukan hanya sekadar pemberian materi satu arah saja, namun ada praktiknya. Jadi setelah berdiskusi lagi dengan mentor-DPL akhirnya dibuat konsep kegiatan yang dibagi dua sesi, pemberian materi dan praktiknya. Untuk metode yang diambil itu Mindfulness Breathing, Mindfulness Eating, Mindfulness Walking. Selain metode itu, fasilitator pada saat kegiatan mengajak peserta menyusuri kereta kehidupan, tentu hal tersebut merupakan pengejawantahan dari Psikologi Transpersonal itu sendiri,” jelasnya.

Andi Tenriawaru selaku Kepala Seksi Evaluasi dan Pengembangan UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan mengujarkan rasa terima kasih atas bantuan pengadaan kegiatan Pelatihan Mindfulness dikarenakan adanya peningkatan pemahaman dari segi kesadaran diri, teknik Mindfulness Breathing, Mindfulness Eating, dan Mindfulness Walking.

“Dengan adanya kegiatan mindfulness ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk membantu kami di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi dimana kita bisa mengetahui kesadaran diri kita sendiri, disitu kami bisa mempelajari ada tiga teknik, teknis Mindfulness Breathing, Mindfulness Eating, dan Mindfulness Walking, terima kasih,” ujarnya.

Andi Adiyatma selaku Asesor SDM Aparatur Ahli Muda UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kebermanfaatan dari pelaksanaan Pelatihan Mindfulness yang mampu membuat Pegawai UPT PPK BKD Provinsi Sulawesi Selatan lebih berdamai dengan masalah-masalah yang belum terselesaikan secara mental, mampu memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri.

“Saya Adiyatma mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan pada pagi hari ini yaitu kegiatan Mindfulness Energize Our Life. Kegiatan ini saat bermanfaat bagi seluruh pegawai di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi karena melalui kegiatan ini kita dapat lebih berdamai dengan diri kita sendiri dan mungkin diri kita di masa yang lalu ada masalah-masalah ataupun peristiwa-peristiwa yang belum dapat kita selesaikan untuk dapat kita maafkan pada hari ini dan kegiatan ini dapat menjadi titik terang bagi seluruh pegawai,” ungkapnya. (AAA)

Posting Komentar