Pelaksanaan Psikoedukasi oleh Tim BKP Asistensi Megajar FPsi UNM di SMP Islam Ar-Raafi' Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Asistensi Mengajar mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Makassar (UNM) melaksanakan psikoedukasi dengan tema “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus” terhadap guru-guru di SMP Islam Ar-Raafi’ Makassar pada Selasa (20/06).

Perwakilan Mahasiswa BKP, Azkiah Putri Nida An-Nada mengatakan bahwa psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan ilmu baru serta pembekalan bagi guru-guru di SMP Islam Ar-Raafi’ Makassar karena sekolah tersebut merupakan sekolah inklusi.

“Psikoedukasi ini perlu dilakukan karena berdasarkan hasil observasi yang telah kami lakukan terdapat beberapa anak yang memiliki hambatan dalam pembelajaran serta pengetahuan dan penanganan guru terhadap anak berkebutuhan khusus masih minim. Untuk itu, kami melakukan psikoedukasi ini untuk memberikan ilmu baru serta pembekalan bagi guru-guru di SMP Islam Ar-Raafi’,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa psikoedukasi ini terdiri dari tiga sesi yaitu, transfer of knowledge, sharing session, dan pemberian tanggapan oleh peserta. Pemateri dari seminar ini dibawakan oleh salah satu dosen FPsi UNM, yaitu Amirah Aminanty A.

Menurut Zulfiah, selaku guru dari SMP Islam Ar-Raafi’ Makassar, ia mengatakan bahwa psikoedukasi ini sangat penting dan membantu guru-guru dalam menghadapi siswa yang berkebutuhan khusus karena sebelumnya mereka belum pernah mendapatkan materi mengenai hal ini.

“Kalau boleh jujur kegiatan ini sangat membantu guru-guru khususnya bagi saya sendiri karena kedepannya saya akan menjadi guru pendamping bagi anak yang berkebutuhan khusus, dan sebelumnya kami juga belum pernah mendapatkan materi tentang anak berkebutuhan khusus,” ucapnya.

Posting Komentar