Proses Pelatihan Administrasi dan Skoring Tes Psikologi.
Sumber: Dok. Pribadi

Pada tahun 2020-2022 seluruh proses belajar mengajar diperguruan tinggi seluruh Indonesia diadakan secara online akibat wabah Covid-19. Sehingga ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan praktek di lapangan, namun dilakukan secara daring di rumah masing-masing sehingga mahasiswa tidak betul-betul tau bagaimana detail prakteknya. Di Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) sendiri pada tahun 2020-2022 terdapat mata kuliah praktikum alat tes psikologi, namun dilaksanakan secara daring dan itu kurang efektif.

Hal inilah yang menjadi sebuah alasan para mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) FPsi UNM untuk menggelar Pelatihan Administrasi Alat tes Psikologi yang diadakan di Lembaga Layanan Psikologi (LLP) Psikomorfosa Makassar. Pelatihan ini di adakan dengan materi bagaimana mengadministrasikan alat tes, cara pengerjaan, cara skoring, dan role play alat tes. Pada pelatihan ini menggunakan tiga alat tes, yaitu Pauli (tes bakat), Papi Kostick (tes kepribadian), dan CFIT (tes intelegensi).

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat (12/05) lalu. Pemateri dalam pelatihan ini yaitu Hadjar Nurul Istiqamah. Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak delapan orang yang tidak hanya dari kalangan mahasiswa psikologi, namun juga ada beberapa yang sudah menjadi sarjana psikologi. Peserta sangat aktif bertanya, menjawab dan antusias dalam menerima materi dan menjalankan role play alat tes. 

Peserta pelatihan berinisial AM mengatakan bahwa ia sangat senang dengan adanya pelatihan ini, sebab selain bisa tahu cara mengadministrasikan alat tes, ia juga dapat mengetahui arah minatnya dari hasil role play yang telah dilakukan.

"Saya sangat senang sekali dapat mengikuti pelatihan alat tes ini, sebenarnya saya bukan lagi mahasiswa psikologi, saya sarjana psikologi. Namun, alasan saya mengikuti pelatihan ini yaitu untuk menentukan minat saya dimana sebenarnya, kemudian yang paling berpengaruh adalah saya bisa mengetahui pengadministrasian ketiga alat tes tersebut jadi sangat bagus sih," ujarnya.

Acara ditutup setelah sesi dokumentasi pada pukul empat sore. Sebelum pulang, peserta diberikan sertifikat karena telah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Mahasiswa KKP UNM di LLP Psikomorfosa.

Posting Komentar