Foto Bersama dalam Agenda Psikoedukasi oleh Tim BKP Mandiri UPT SMAN 2 Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim mahasiswa Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan psikoedukasi dengan topik "Manajemen Diri" pada hari Jum'at (26/05) di Aula UPT SMA Negeri 2 Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam kepada para siswa mengenai manajemen diri. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk program lanjutan dari BK Talk's.

Kelompok BKP UPT SMA Negeri 2 Makassar yang beranggotakan Mawaddah Nur Afifah, Zahra Ameylia, Maulia Fajrianti Parante, dan Abiyyu Arib Mahyiyuddin R merencanakan kegiatan ini diawali dengan melakukan koordinasi bersama pihak Bimbingan dan Konseling (BK) UPT SMA Negeri 2 Makassar dan dengan izin dari Kepala Sekolah, sehingga kegiatan ini dapat terealisasikan.

Kegiatan ini menghadirkan salah satu dosen FPsi UNM sebagai pemateri pada kegiatan psikoedukasi yang dilaksanakan. Salah satu anggota tim menjelaskan pertimbangan mengapa siswa kelas X dan XI dijadikan target utama sebagai peserta dalam psikoedukasi kali ini, sebab siswa kelas X dan XI sedang aktif mengikuti beberapa kegiatan organisasi maupun ekstrakulikuler, sehingga mereka membutuhkan pemahaman lebih dalam mengenai cara mengatur waktu, mengelola emosi, dan juga penentuan prioritas. Inilah yang menjadi dasar pengambilan topik manajemen diri pada psikoedukasi kali ini.

Hal ini terbukti pada saat kegiatan berlangsung, saat sharing session dengan pemateri, para siswa sangat antusias menanyakan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen diri. Syafruddin selaku Kepala Sekolah UPT SMA Negeri 2 Makassar berharap dengan kegiatan ini para siswa sadar mengenai peran dan tugasnya sebagai siswa dan juga anggota organisasi atau ekstrakurikuler.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran para siswa mengenai peran dan tugasnya sebagai siswa dan juga anggota dari organisasi atau ekstrakurikuler, agar keduanya sama-sama bisa seimbang. Jadi aktif di kelas, aktif juga di luar kelas," jelasnya.

Posting Komentar