Seminar Human Resource Management: How to Manage Conflict in Workplace.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) di CV. Kreasi Pisang Indonesia telah melaksanakan salah satu program kerja yaitu seminar pada Rabu (7/6) di Aula Serbaguna Head Office Browcyl. 

Kelompok BKP CV. Kreasi Pisang Indonesia ini beranggotakan 3 orang yaitu Iftinan Maftuha, Alfridha Septiany Said, dan Asrini. Adapun seminar yang mengangkat tema "Human Resource Management: How to Manage Conflict in Workplace" ini diikuti sebanyak 23 orang peserta seminar. 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) Iftinan Maftuha dan pemberian materi oleh dosen FPsi UNM, St. Hadjar Nurul Istiqamah yang dirangkaikan dengan sesi diskusi.  

Iftinan Maftuha, salah satu anggota kelompok ini menjelaskan, bahwa kegiatan ini diperlukan agar proses manajemen konflik dapat tepat sasaran dan tidak salah langkah dalam upaya meredakan konflik kedepannya. 

“Pada dasarnya didalam sebuah organisasi tentunya terdapat perbedaan pendapat baik antara atasan dengan bawahan maupun divisi A dengan divisi B. Sehingga konflik wajar saja terjadi di sebuah perusahaan. Akan tetapi ketika konflik terjadi secara berlebihan, maka tentunya akan mempengaruhi kinerja karyawan dan organisasi. Oleh karena itu maka perlu diberikan pelatihan mengenai bagaimana mengelola konflik secara optimal,” ucap mahasiswi dengan sapaan Asrini tersebut. 

Alfridha Septiany Said menambahkan bahwasanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para karyawan terkait bagaimana strategi dalam menghadapi konflik yang akan terjadi kedepannya dalam sebuah perusahaan. 

“Seminar ini merupakan bagian dari program kerja besar kami yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan karyawan dalam memanajemen konflik baik itu terjadi pada diri, antar individu, konflik antar anggota kelompok, maupun antar kelompok. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak selamanya konflik itu sifatnya negatif,” tambahnya. 

Magfiratul Istiqamah Ilham selaku mentor sekaligus Pelaksana tugas Manager Human Resource and General Affair (HR-GA) mengapresiasi kegiatan seminar ini mulai dari tema seminar, pelaksanaannya, hingga harapan untuk para peserta seminar. 

“Seminar how to manage conflict in workplace yang dilaksanakan teman-teman BKP dari psikologi UNM merupakan kegiatan yang insightful karena sasarannya adalah jajaran middle to top management, harapannya setelah seminar ini jajaran management bisa mengelola konflik yang terjadi dalam organisasi, baik konflik internal maupun eksternal,” ucap wanita yang akarab disapa Fira tersebut.

Posting Komentar