Kegiatan Job Profile oleh Tim BKP Magang Mandiri di PT Baruga Asrinusa Development.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa tim Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang Mandiri Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Makassar (UNM) melakukan kegiatan job profile di Perseroan Terbatas (PT) Baruga Asrinusa Development. Kelompok BKP yang beranggotakan 3 orang yaitu I Gede Dharma Adnyana, Nur Azizah, dan Andi Mario Salsabila tersebut melaksanakan kegiatan job profile selama 2 bulan, yaitu pada (28/02 - 28/04).

I Gede Dharma Adnyana, kordinator dari tim BKP menjelaskan, bahwa ada beberapa tahapan yang dilakukan selama kegiatan job profile ini berlangsung, mulai dari briefing untuk membentuk tim pelaksana hingga penyusunan dokumen pasca kegiatan.

“Disitu awalnya kami melakukan briefing terkait kegiatan ini bersama para mentor, lalu kami mengumpulkan informasi terlebih dahulu terkait jabatan yang akan di analisis, kemudian mentor membuat jadwal wawancara dengan pemangku jabatan, kemudian wawancara, dan terakhir melakukan revisi dan verifikasi bersama mentor," ujar mahasiswa yang akrab disapa I Gede ini.

Job profile dilakukan dengan mengumpulkan data tentang tugas dan tanggung jawab pekerjaan dari para karyawan. Ini berguna untuk memahami pekerjaan sehingga berdampak pada peningkatan kinerja karyawan, evaluasi cost, dan benefit perusahaan, kualitas sistem manajemen dan pelayanan yang baik. 

Nur Azizah, salah satu anggota tim BKP ini, mengatakan bahwa dia dan timnya mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini berupa pengalaman seperti yang dilakukan karyawan di perkantoran. Dirinya juga berharap, agar kegiatan ini dapat berguna bagi perusahaan dan karyawan.

“Kami mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. Tim BKP memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan di kantor. Tim BKP juga dapat mengembangkan keterampilan seperti kemampuan wawancara dan pengumpulan data. Tentunya kami berharap kegiatan ini juga dapat bermanfaat bagi perusahaan,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Azizah tersebut. 

Posting Komentar