Psikoedukasi Unlock Your Potential: Becoming The Best Version of You oleh Mahasiswa FPsi UNM di SMAN 17 Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar psikoedukasi yang berlangsung di aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17 Makassar, Senin (09/06). Kegiatan ini merupakan salah satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) dalam program Merdeka Belajar yang sedang dijalankan oleh mahasiswa FPsi UNM di SMAN 17 Makassar.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seminar edukasi yang mengusung tema “Unlock Your Potential: Becoming The Best Version of You” dengan tujuan untuk membantu siswa-siswi agar dapat menggali potensi diri mereka. Tim BKP juga turut melibatkan beberapa siswa sebagai panitia dan pengisi acara dalam kegiatan tersebut. Seminar yang diikuti oleh puluhan siswa-siswi ini menghadirkan dosen FPsi UNM St. Hadjar Nurul Istiqamah sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

Selain untuk menggali potensi diri siswa-siswi, seminar ini juga secara tidak langsung mengedukasi siswa-siswi mengenai dunia psikologi. Rangkaian acara lain yang memeriahkan psikoedukasi ini berupa ice breaking dan tanya jawab antara pemateri dan peserta seminar.

Abu Hanafi selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasek) Kurikulum SMAN 17 Makassar mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dirinya berharap para siswa-siswi peserta seminar dapat memanfaatkan ilmu yang didapat dalam seminar sebaik mungkin. Lebih lanjut, Abu Hanafi mengatakan seminar semacam ini memang cocok diadakan agar siswa dapat melihat potensi lain pada dirinya.

“Yang kurang baik dari sekolah adalah semua siswa dituntut harus sama rata, semua harus bagus dalam hal akademik, padahal nyatanya ada siswa yang kurang bagus di akademiknya, tapi hebat di bidang yang lain, jadi saya rasa cocok memang untuk diadakan seminar mengenai potensi diri supaya siswa tidak terpaku hanya akademik saja tapi juga bisa eksplore dirinya lagi," jelasnya.

Salah satu panitia seminar ini, Andi Mutiara mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk para siswa-siswi agar mereka semua dapat menyadari sedini mungkin potensi yang ada didalam diri mereka.

“Sesuai dengan tema psikoedukasi ini, tujuan kami mengadakannya adalah agar siswa siswi SMAN 17 Makassar dapat mengenali lebih awal potensi diri mereka agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencapai cita-cita mereka," ucapnya.

Para peserta dalam kegiatan inipun merasa antusias dalam mendengarkan materi yang diberikan. Arini, salah satu peserta dalam seminar ini mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak informasi terkait mengetahui potensi diri.

“Dengan adanya seminar ini, kami mendapatkan informasi mengenai manfaat mengetahui potensi diri yaitu agar kita tau cara mengatasi masalah ketika dihadapkan dengan masalah, tidak gampang terpengaruh dengan dunia luar atau pola pikir yang salah, agar tau batasan atau limit dari apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan,” ungkapnya.

Posting Komentar