Pembukaan GRAVITASI 2022 oleh Dekan FMIPA UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (31/10)- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan pembukaan Gebyar Sivitas Fisika (GRAVITASI) 2022 dengan tema "Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Bidang Saintek demi Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045" di Ballroom Teater Lt.3 Menara Phinisi UNM pada Senin (31/10).

Ketua Panitia GRAVITASI 2022 HMJ Fisika FMIPA UNM, Aqil Marwan, dalam laporannya menguraikan bahwa kegiatan tahunan HMJ Fisika ini ditujukan untuk membangun kerjasama dan menjaga silaturahmi antara civitas academica Fisika dengan masyarakat, dalam hal ini siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat serta mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan akbar tahunan HMJ Fisika yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama yang selaras dan silaturahmi antara sivitas Fisika dengan masyarakat. Ajang perlombaan antar siswa SMP/SMA sederajat dan mahasiswa kali ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA atau sederajat serta mahasiswa dari penjuru Indonesia," urainya.

Dekan FMIPA, Suwardi Anas, mengapresiasi pelaksanaan dan tema yang diangkat dalam GRAVITASI 2022. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ Fisika mampu berperan dalam membentuk generasi emas 100 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tahun 2045 nanti.

"Pada 2045 nanti Negara Kesatuan Republik Indonesia akan berusia genap 100 tahun, oleh karena itu peran generasi sekarang akan menjadi generasi emas di 100 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia nantinya. Kita mengapresiasi atas nama pimpinan, di tengah kesibukan ananda mengemban tugas Tri Dharma dalam keseharian kita, ananda bisa memfasilitasi adik-adik SMP dan SMA," ungkap Dekan FMIPA.

Akhir kata, Ketua Jurusan Fisika, Kaharuddin Arafah, menitipkan pesan kepada peserta untuk berkompetisi dengan sportif dan tidak berkecil hati maupun puas diri atas hasil yang diperoleh.

"Ananda yang tidak mendapatkan juara jangan berkecil hati, yang menjadi pemenang jangan berpuas diri karena masih banyak tantangan yang akan kita hadapi kedepannya," tutupnya. (AR)

Posting Komentar