Pamflet Pelaksanaan PichoFest 2022.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Jumat (14/10)- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Pinisi Choir melaksanakan Pinisi Choir Festival (PichoFest) 2022 sebagai rangkaian perayaan Hari Lahir (Harla) UKM PSM UNM Pinisi Choir ke-11.

Kevin Herdianto selaku Ketua Panitia PichoFest 2022 menjelaskan bahwa PichoFest awalnya dikenal sebagai Vocal Group Competition, tetapi di tahun ini akan ditetapkan menjadi PichoFest. PichoFest sendiri merupakan acara tahunan dalam rangkaian Harla UKM PSM UNM Pinisi Choir yang dilaksanakan setiap tanggal 27 November. 

"Dalam rangka memperingati Harla tahun ini yaitu dalam bentuk rangkaian kegiatan Pinisi Choir Festival. Tahun lalu sudah diadakan tapi namanya masih Vocal Group Competition, tahun ini diadakan dengan launching (baca: peluncuran) nama tetapnya itu menjadi Pinisi Choir Festival atau PichoFest," jelasnya.

Lebih lanjut, Kevin menyampaikan bahwa PichoFest tahun ini diselenggarakan dengan tema 'RHAPSODY (Re Harmonize to Penetrate Story Dinamically)' dengan target peserta adalah siswa(i) SMA/SMK/MA se-Sulawesi Selatan dan Barat dengan batasan 15 orang per-tim.

"Pinisi Choir Festival tahun ini mengambil tema 'RHAPSODY-Re Harmonize to Penetrate Story Dinamically', yang bisa mendaftar itu mereka yang berstatus sebagai siswa(i) SMA/SMK/MA se-Sulawesi Selatan dan Barat dengan jumlah 15 orang per-timnya," sampainya.

Selanjutnya terkait rangkaian kegiatan, Kevin memaparkan bahwa pendaftaran dibuka pada Senin-Rabu (12/09-09/11) mendatang. Kemudian setelah pendaftaran, dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba yakni pada Jumat-Sabtu (25-26/11). Kemudian acara puncak pada Minggu (27/09) dilangsungkan bersamaan dengan acara utama Harla UKM PSM UNM Pinisi Choir.

"PichoFest membuka pendaftaran dari tanggal 12 September-9 November 2022. Kegiatan lombanya nanti dilaksanakan tanggal 25-26 November dan malam pengumuman pemenang tanggal 27 November yang dirangkaikan dengan acara utama yaitu Hari Lahir UKM PSM UNM Pinisi Choir yang ke-11 tahun," paparnya.

Menutup wawancara, Kevin menyampaikan harapannya agar PichoFest 2022 bukan hanya dijadikan wadah bagi para peserta lomba untuk mengasah bakat dan minat dalam bidang musik, namun juga diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi anggota UKM PSM UNM Pinisi Choir dan para peserta lomba nantinya.

"Melalui kegiatan ini kami harapkan sebagai wadahnya teman-teman SMA/SMK/MA agar dapat mengasah dan mengukur bakat serta minatnya di bidang musik, juga menimbulkan dinamika kompetisi yang sportif. Tidak lupa adalah sebagai ajang silaturahmi baik antar anggota UKM PSM UNM Pinisi Choir maupun antar peserta," tutupnya. (WSM)

Posting Komentar