Agenda Foto Bersama dalam Pelatihan di UPT PPRSA.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2019 menyelenggarakan pelatihan di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pusat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Anak (PPRSA) Inang Matutu Makassar. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kelompok 17 yang dilaksanakan pada hari Jumat (21/10) di akhir bulan Oktober. Kelompok tersebut beranggotakan 5 orang, yaitu Asfinolia, Nabila Sekartaji Febriatika, Nahda Wafiah Idrus, Nirmayanti, dan Nurul Ilma. 

Pelatihan ini mengangkat tema "Strategi Penanganan Tantrum pada Anak Usia Dini" yang dikhususkan bagi pekerja sosial. Pelatihan dilaksanakan di ruang aula UPT PPRSA Inang Matutu dan berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Pelatihan dirangkaikan sesi roleplay untuk menambah keterampilan peserta.

Nabila Sekartaji Febriatika menuturkan kegiatan tersebut berjalan lancar dan peserta sangat antusias sehingga turut menambah semangat para panitia. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat dan membantu peserta dalam menjalankan tugasnya sebagai pekerja sosial.

"Kegiatannya kemarin itu berjalan lancar dan sukses. Melihat para peserta juga sangat antusias mengikuti pelatihan itu, jadi panitia lain juga ikut bersemangat. Harapannya semoga ilmu yang diberikan saat pelatihan kemarin bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya para peserta dan bisa membantu pekerja sosial dalam menjalani pekerjaannya dalam mendampingi anak," tuturnya.

Herlina Pakiding selaku pimpinan UPT PPRSA Inang Matutu turut hadir dan memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Pendidikan pengendalian emosi itu sangat penting," ungkapnya.

Eka Sufartianingsih Jafar selaku Dosen Pembimbing Lapangan turut berpartisipasi sebagai pemateri dalam kegiatan ini. Menurut Amir Jaya, Koordinator Pekerja Sosial sekaligus salah satu peserta pelatihan, materi yang disampaikan dinilai sangat bermanfaat dalam menangani Anak Penerima Manfaat.

"Itu sudah ada memang kita sudah praktekkan beberapa teknik dalam bentuk mengatasi anak yang mengalami tantrum. Sangat bermanfaat sekali," nilainya.

Amir Jaya juga menyampaikan komentar positif pada acara pelatihan, namun waktu pelaksanaannya dinilai sangat terbatas.

"Ya acaranya bagus semua, berjalan lancar. Tanggapan dari Ibu Pimpinan kami kan juga begitu. Baik, sangat baik sekali. Materi yang disampaikan pemateri juga jelas. Hanya waktunya sangat terbatas," tuturnya.

Posting Komentar