Pamflet Simposium Nasional oleh ILP2MI.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Jumat (21/10)- Simposium Nasional yang merupakan kegiatan presentasi hasil-hasil penelitian kembali diadakan oleh Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) dengan mengusung tema 'The Role of Youth: Initiate Collaboration Awarness, and Recovery to Encourage G20 Goals', yang dilaksanakan di Makassar dan akan berlangsung pada Senin-Minggu (12/09-13/11) mendatang.

M. Rishawan yang akrap disapa Awan juga selaku Koordinator Departemen Pendidikan IL2PMI mengungkapkan bahwa Simposium Nasional merupakan kegiatan untuk mempresentasikan hasil dari berbagai penelitian para peserta.

“Tujuan dari kegiatan simposium untuk mempresentasikan hasil kepada banyak orang terkait penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa ataupun UKM (baca: Unit Kegiatan Mahasiswa),” ujarnya.

Awan menerangkan untuk peraturan mengenai peserta mengalami sedikit modifikasi dari tahun sebelumnya, dengan pembatasan sebanyak 20 tim.

“Tahun sebelumnya itu pesertanya hanya dari lingkup ILP2MI. Tahun ini selain anggota ILP2MI, mahasiswa secara umum bisa juga untuk ikut dalam Simposium Nasional ini, cuman nanti akan dipilih karyanya yang bisa dipanggil 20 tim,” terangnya.

Terkait lokasi pelaksanaan, Awan menjelaskan bahwa belum diketahui secara pasti lokasi kegiatan akan berlangsung, tetapi pihaknya sedang mengusahakan kegiatan ini akan berlangsung di Taman Nasional Bantimurung di Maros.  

“Kalau tempatnya itu yang sementara kami rencanakan di Cagar Taman Nasional Bantimurung di Maros,” jelasnya.

Kemudian terkait rangkaian kegiatan, Awan menjelaskan bahwa akan dimulai dengan tahap pendaftaran dan pengumpulan karya, yakni pada Senin-Senin (12/9-24/10) yang tengah berjalan hingga sekarang.

“Kegiatannya itu sendiri sekarang itu pada tahap pendaftaran dimulai tanggal 12 September bulan lalu sampai pada tanggal 24 Oktober bulan ini,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Awan menambahkan setelah berlangsung tahap pendaftaran, kemudian masuk pada tahap pengumuman, dan terakhir adalah malam puncak yakni pada Jumat-Minggu (11-13/11) mendatang, dimana akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti presentasi penelitian dan pengumuman juara beberapa lomba lain. Selain peserta, masyarakat juga dapat melihat hasil penelitian yang ada di kegiatan tersebut.

“Kalau malam puncaknya itu sendiri di hari pertama tanggal 11 sama tanggal 12 November, mereka itu akan mempresentasikan hasil penelitiannya, disitu nanti peserta akan dinilai oleh juri tentang penelitian yang mereka lakukan. Setelah kegiatan itu, pada tanggal 13 November akan ada pengumuman siapa yang akan jadi best paper, best presentasi dan best poster,” tutupnya. (005)

Posting Komentar