Foto Bersama Tim PKM Dosen FPsi Bersama Siswa SMK Negeri 5 Makassar.
Sumber: Dok. Tim Dosen

Psikogenesis, Jumat (07/10)- Tim Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul "Peningkatan Kapasitas Diri melalui Psikoedukasi dalam Menghadapi Tantangan  Global pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Makassar" pada Kamis (11/08) lalu. 

Hilwa Anwar sebagai Ketua Tim Dosen dalam PKM kali ini menyampaikan bahwa alasannya mengambil tema tersebut karena melihat adanya perubahan yang sangat cepat dalam segala aspek baik ekonomi, teknologi dan kehidupan yang membuat para siswa dilema diusianya yang masih remaja.

"Tantangan yang dihadapi remaja saat ini adalah persaingan global yang menuntut terjadinya percepatan dalam segala aspek baik dalam ekonomi, teknologi ataupun kehidupan. Terutama dalam mengambil keputusan dalam menentukan masa depannya, antara melanjutkan studi atau bekerja setelah menyelesaikan masa studi di SMK. Mengenali potensi diri merupakan hal yang paling penting, sehingga dapat mengetahui konsep diri sendiri, apa yang menjadi kelebihan dan kelemahannya," ucapnya.

Lebih lanjut Hilwa Anwar menyampaikan bahwa pemateri dalam PKM kali ini dari Dosen FPsi UNM yaitu Iradat Rayhan Sofyan dan St Hadjar Nurul Istiqamah yang juga sebagai salah satu anggota dari tim Dosen PKM kali ini. PKM ini juga dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Makassar.

"Pematerinya itu St Hadjar Nurul Istiqamah dan Iradat Rayhan Sofyan, yang dibuka langsung oleh kepala sekolah SMK Negeri 5 Makassar," ujarnya.

Setelah melaksanakan PKM, Abdul Rahmat yang juga sebagai anggota dari Tim Dosen mengharapkan para siswa sebanyak 30 orang ini dapat meningkatkan kapasitas dirinya dalam mengahadapi tantangan global pada masa kali ini 

"Hasil pengabdian diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas diri siswa SMK, khususnya siswa SMK Negeri 5 Makassar," harapnya. (HF)

Posting Komentar