Pamflet Coming Soon OCEAN Vol II.
Sumber: Dok. Panitia

Psikogenesis, Selasa (18/10)- Kementerian Pengembangan Potensi (Kemenpensi) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kini sedang mempersiapkan salah satu program kerjanya yaitu OCEAN Vol II yang terencana akan digelar pada awal bulan Desember.

Nurrahmi Syahrir selaku Ketua Panitia OCEAN Vol II mengungkapkan bahwa OCEAN merupakan salah satu program kerja Kemenpensi BEM Kema FPsi UNM yang mengusung berbagai perlombaan didalamnya. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa dan bersifat nasional.

“OCEAN itu program kerja dari Kemenpensi BEM yang didalamnya mengadakan perlombaan antar mahasiswa dalam suatu event yang besar dan bersifat nasional,” ungkapnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Ami ini menjelaskan bahwa terdapat empat lomba yang akan digelar pada kegiatan ini, diantaranya lomba debat, lomba membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI), lomba Model United Nations (MUN) dan lomba membuat poster.

“Jadi, lomba debat itu sendiri seperti membahas mosi-mosi yang disiapkan nantinya, lomba KTI itu peserta membuat suatu karya tulis yang juga isi topik karyanya akan ditentukan, kalau lomba MUN itu seperti konferensi atau delegasi yang didalamnya membantu mahasiswa untuk belajar mengenai proses pengambilan keputusan dan bisa lebih upgrade (baca: meningkatkan) terhadap permasalahan yang ada, dan terakhir lomba poster yaitu peserta membuat karya poster atau semacam gambar yang juga temanya nanti akan ditentukan,” jelasnya.

Ami juga menambahkan bahwa terdapat kriteria peserta secara umum yaitu mahasiswa aktif dan kriteria peserta secara khusus yang berbeda setiap lombanya. Namun kriteria khusus tersebut masih dalam proses penyusunan. 

“Untuk ini belum ada kriteria secara khusus karena kami masih proses penentuan kriteria khususnya,” ujarnya.

Terkait persiapan kegiatan OCEAN Vol II, Ami mengaku bahwa bahwa sejauh ini persiapannya telah rampung dengan persentase sebesar 40% dan kegiatan akan dilaksanakan selama 7 hari yakni Senin-Minggu (05-11/12) mendatang. 

“Kalau sejauh ini persiapannya yah 40% lah, karena pertama untuk mata lomba itu masih sementara baru dibuat mekanismenya, terus untuk proposal juga baru berjalan pekan ini, dan untuk persiapan dari yang lain juga masih terbilang di tahap awal, dan insyaAllah dilaksanakan tanggal 5-11 Desember,” akunya.

Sebagai penutup, Ami berharap agar OCEAN Vol II dapat menjadi wadah pengembangan diri dan kegiatan ini nantinya dapat bejalan dengan lancar dan sukses. 

“Harapan untuk OCEAN kali ini berharap bisa jadi wadah untuk peserta meng-upgrade diri, bisa berkompetisi dengan baik, dan berharap kegiatannya dari awal hingga akhir nanti bisa berjalan dengan lancar dan sukses insyaAllah,” harapnya. (LOOM)

Posting Komentar