Agenda Foto Bersama dalam Psikoedukasi oleh Mahasiswa KKP FPsi UNM di Lapas Kelas I Makassar.
Sumber: Dok. Pribadi

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar kegiatan Psikoedukasi yang bertajuk "Meningkatkan Kebermaknaan Hidup", pada Senin (17/10) pagi.

Mendatangkan salah satu Dosen Psikologi UNM, Novita Maulidya Djalal, kegiatan ini ditujukan kepada warga binaan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga binaan akan penerapan kebermaknaan hidup terhadap kondisi yang mereka alami saat berada dalam Lapas Kelas I Makassar.

Melalui pendekatan psikologi, Novita Maulidya Djalal yang juga merupakan Founder Komunitas Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, menjelaskan bahwa yang dihadirkan pada kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga binaan sebagai pembelajaran hidup baik dalam Lapas maupun setelah keluar nantinya.

“Tidak ada orang yang tidak pernah berbuat salah, tidak ada manusia yang tidak punya masalah, saya yakin setiap permasalahan memiliki dua pilihan penyelesaiannya yaitu secara baik atau buruk, jika kita memilih cara yang baik pasti ada hasilnya demikian dengan cara yang buruk dan akan dirasakan di dunia ini dan dipertanggung jawabkan dikemudian hari,” ungkap Dosen UNM yang kerap disapa Novi tersebut.

Turut hadir Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas I Makassar, Sumardi MD, yang sekaligus mewakili dan membuka kegiatan ini. Sebagai penyelenggara kegiatan Psikoedukasi, Ali Syahid, salah satu mahasiswa KKP UNM berharap warga binaan dapat menerima permasalahan yang dimiliki dan mencoba memperbaiki serta mencari jalan keluar dengan hal yang baik.

“Semoga setelah menerima materi dalam Psikoedukasi tadi warga binaan dapat memetik manfaat dan kebaikan serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kehidupan selanjutnya yang akan dihadapi bisa menjadi lebih baik dan bermakna,” tutupnya.

Posting Komentar